ARMY vs Insert, Ini Alasan Perselisihan Mereka Hingga Trending di Twitter!

- Kamis, 7 April 2022 | 07:06 WIB
POSTINGAN INSERT: Akun resmi Instagram Insert Live mengunggah foto V pada acara Grammy Award 2022 dan surat terbuka sebagai rilis resmi terkait protes ARMY.(SM Banyumas/Dok)
POSTINGAN INSERT: Akun resmi Instagram Insert Live mengunggah foto V pada acara Grammy Award 2022 dan surat terbuka sebagai rilis resmi terkait protes ARMY.(SM Banyumas/Dok)

Suaramerdeka-banyumas.com– Program acara Insert Live Trans TV menuai cercaan dari ARMY (Adorable Representative M.C For Youth), yakni sebutan untuk perkumpulan penggemar Boy Group asal Korea Selatan, BTS.

Hal itu dimulai sejak program acara tersebut mengunggah foto salah satu member BTS yakni V yang diketahui sedang merokok di balik layer acara Grammy Award 2022 di Instagram resmi mereka pada Selasa 5 April 2022.

 ARMY mengungkapkan bahwa pihak Insert menyebarkan foto V yang menyalahi kode etik jurnalistik karena berasal dari sumber ilegal dan mengganggu privasi artis yang terkait demi kepentingan pribadi.

Baca Juga: Zelensky Mempertanyakan Fungsi Dewan Keamanan PBB

Salah satu akun di twitter, @koovkpeach menuliskan bahwa Insert melanggar Pasal 2 UU Pers yang mengharuskan wartawan untuk menunjukkan identitas diri kepada narasumber; menghormati hak privasi; menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumber nya.

 Tidak hanya itu, Pasal 9 UU Pers juga dianggap berlawanan dengan Insert dimana wartawan harus menghormati hak narasumber adalah sikap menahan diri dan berhati-hati.

 Berlawanan dengan protes ARMY, pihak Insert justru mengunggah surat terbuka sebagai rilis resmi mengenai pemberitaan KPOP yang sedang ramai dibicarakan.

Baca Juga: Material Longsor Sudah Bersih, Akses Ke Sirau Kembali Terbuka

 “Teruntuk pembaca Insert Live, media massa bertugas menyajikan fakta dan informasi yang ada di lapangan disertai tanggung jawab.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teori One Piece: Shanks Keturunan Celestial Dragon

Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:07 WIB

Spoiler Film One Piece Red: Sanks Anak Rocks?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:14 WIB
X