Tidak Sepakat Habib Rizieq dan Bahar Smith, Habib Kribo: Agama itu Indah Bukan Untuk Melibas Budaya

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 08:24 WIB
Habib Zein Assegaf alias Habib Kribo (SM Banyumas/tangkapan layar podcast Deddy Corbuzier)
Habib Zein Assegaf alias Habib Kribo (SM Banyumas/tangkapan layar podcast Deddy Corbuzier)

Suaramerdeka-banyumas.com-Habib Zein Assegaf atau yang lebih dikenal Habib Kribo menyatakan agama itu indah jadi bukan untuk melibas budaya. Ia menolak 'Arabisasi', karena meskipun diturunkan dari Arab, Islam itu bukan Arab

"Islam bukan Arab, Arab bukan Islam. Itu saya tolak," jelasnya dalam podcast Deddy Corbuzier kemarin.

Habib Kribo justru bangga dengan adanya keberagamaan Islam di Indonesia yang terbilang indah, ramah dan berperadaban. Ia menolak aksi kekerasan atas nama agama sebagaimana aksi-aksi kekerasan yang dilaksanakan FPI pimpinan Habib Rizieq Shihab dan ceramah keras Habib Bahar Smith.

Baca Juga: Waktu Tunggu Panjang, Kemenag Akan Adakan Program Pembinaan Khusus Calhaj

"Kita jauh dari Arab tapi sudah punya peradaban, kok bisa sudah mayoritas muslim, tanpa datang rosul. (Kenapa bisa seperti itu?) karena hati nurani. Bangsa ini punya nurani, kalau tidak (punya hati nurani) gak mungkin begini. Saya bangga dengan bangsa Indonesia. ini bangsa paling baik," katanya.

Ia menjelaskan di Indonesia banyak hal positif mulai dari gotong royong, nilai kebersamaan, keramahan dari bangsa Indonesia. Meski plural dari dulu kerukunan sudah tercipta.

Jadi menurutnya adanya agama itu bukan untuk melibas agama. Karena pada dasarnya agama itu baik dan diturunkan untuk memperbaiki perilaku manusia. 

Baca Juga: Layani Sekitar 250 Juta Pergerakan Orang, Pemerintah Subsidi Kereta Api Rp3,2 Triliun

"Jangan dipasksankan Arab, jangan diarabkan, jangan anda memakai sesuatu yang beda di tempat beda sehingga karena pakaian Arab dan bahasa Arab sudah ada sebelum nabi.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Podcas Deddy Corbuzier

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X