Begini Tips Menjaga Kesehatan Kelompok Lansia di Masa Pandemi Covid-19

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 14:25 WIB
IKUTI VAKSINASI : Warga Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Banyumas saat mengikuti vaksinasi massal khusus untuk lansia komorbid beberapa waktu lalu.(SM/Susanto)
IKUTI VAKSINASI : Warga Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Banyumas saat mengikuti vaksinasi massal khusus untuk lansia komorbid beberapa waktu lalu.(SM/Susanto)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia Maret 2020 lalu, kematian warga di perkotaan dan desa didominasi oleh kelompok lanjut usia (lansia).

Pasien terpapar virus Corona bergejala berat dialami oleh orang yang memiliki masalah kesehatan bawaan seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes, penyakit pernapasan kronis dan kanker.

Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Dr Endang Triyanto SKep Ns MKep, memaparkan kelompok lansia berisiko tinggi terpapar virus Covid-19.

Secara fisiologis, orang yang berusia lanjut akan mengalami berbagai penurunan fungsi organ.

Baca Juga: Ahli Epidemiolog: Pemerintah Utak-atik Data Kasus, Covid-19 Bisa Berubah Jadi Silent Killer

"Penurunan fungsi organ di antaranya adalah penurunan imunitas, berkurangnya fungsi pendengaran, penglihatan, pengecapan," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Endang, yang juga anggota Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengatakan, tubuh lansia mengalami penurunan fungsi paru dan jantung.

Selain itu, elastisitas pembuluh darah yang menurun sehingga sering terjadi hipertensi. Demikian pula dengan fungsi paru.

Oleh karena itu, beberapa lansia akan mengalami sesak nafas pada saat aktivitas berlebih. Kondisi ini memicu munculnya berbagai penyakit.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Terkini

Awas! Generasi Muda Rentan Alami Gangguan Mental

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:55 WIB

Ini Empat Hormon Bahagia dan Cara Meningkatkannya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:06 WIB
X