Paguyuban Kancil Mas Minta Pemkab Amankan Objek Diduga Cagar Budaya di Kota Lama Banyumas

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:10 WIB
KERETA JENAZAH: Warga membawa kereta jenazah dari Klenteng Boen Tek Bio menuju ke komplek Pendapa Yudhanegara, Kota Lama Banyumas, Senin, 23 Mei 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
KERETA JENAZAH: Warga membawa kereta jenazah dari Klenteng Boen Tek Bio menuju ke komplek Pendapa Yudhanegara, Kota Lama Banyumas, Senin, 23 Mei 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Paguyuban Kanca Cilik Banyumas (Kancil Mas) meminta Pemerintah Kabupaten Banyumas mengamankan objek diduga cagar budaya yang masih tersisa di Kota Lama Banyumas.

Pasalnya, warisan bersejarah ini menjadi keunikan kawasan yang akan dijadikan destinasi wisata tersebut.

Ketua Paguyuban Kancil Mas, Budi Setiyadi mengatakan, bangunan tua, arsitektur yang masih tersisa di Banyumas harus dipertahankan.

Tak hanya bangunan peninggalan Tionghoa dan Belanda, namun juga bangunan peninggalan masa kadipaten Banyumas.

Baca Juga: Penataan Kota Lama Banyumas Dimulai Tahun 2023, Kira-kira Bakal Seperti Apa ya?

"Kami ingin amankan rumah peninggalan di Jalan Pungkuran, kalau bisa jangan dibongkar. Kalaupun mau dibeli (orang lain), diperbaiki saja, dipelihara. Jadi, Banyumas Kota Lama bisa terwujud," kata dia, usai rembug warga untuk Banyumas Kota Lama, dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek bersama di Bale Adipati Mrapat, Kecamatan Banyumas, Minggu, 22 Januari 2023 lalu.

Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan itu juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyumas untuk mengamankan bangunan bekas Belanda di Banyumas.

"Rumah peninggalan Belanda jangan dibangun baru. Kalau mau dimiliki, direhab saja," imbuh Budi.

Baca Juga: Roti Mruyung Membangkitkan Ikon Kota Lama, Mendukung Sektor Pariwisata

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Healing Terbaik yang Islami: Kembali ke Nabi Muhammad

Selasa, 7 Februari 2023 | 15:00 WIB
X