Ini Obyek Wisata Menarik di Ajibarang Pekuncen Wangon Banyumas Barat

- Senin, 26 Desember 2022 | 15:03 WIB
Curug Nangga, Dream Land Park, Kolam Renang Tirta Alami, Masjid Saka Tunggal, Taman Kera Cikakak, Hutan Pinus Sawangan, Kolam rengan Tirta Alami, Embung Kanoman menjadi temapt wisata mwnarik di qilayah Ajibarang Pekuncen Wangon. (SM Banyumas/dok inatagram)
Curug Nangga, Dream Land Park, Kolam Renang Tirta Alami, Masjid Saka Tunggal, Taman Kera Cikakak, Hutan Pinus Sawangan, Kolam rengan Tirta Alami, Embung Kanoman menjadi temapt wisata mwnarik di qilayah Ajibarang Pekuncen Wangon. (SM Banyumas/dok inatagram)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com- Apa nama tempat wisata menarik dan rekomendasi untuk keluarga di wilayah Ajibarang, Pekuncen dan Wangon? Jawabnya ada sekitar enam lokasi yang bisa dikunjungi di waktu liburan sekolah atau tahun baru. 

Berikut ini enam tempat wisata atau obyek wisata menarik di wilayah Banyumas bagian barat yang bisa dijangkau dalam waktu sehari karena jaraknya tak terlalu berjauhan. 

1. Curug Nangga dan Bukit Watu Kumpul

Berada di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, air terjun Curug Nangga bisa menjadi pilihan yang ingin menikmati suasana pegunungan atau perbukitan di wilayah Banyumas bagian barat. 

Curug Nangga mulai viral di tahun 2017 dengan pesona air terjun tujuh tingkat di ana setiap tingkatnya bervariasi yaitu 10-20 meter. Tak hanya itu perjalanan menuju lokasi ini juga cukup menantang yaitu melewati 'subak' atau terasering persawahan. 

Untuk menuju lokasi Curug Nangga ini dari arah Purwokerto bisa ditempuh sejah 30 kilometer ke arah barat yaitu arah Bumiayu Brebes atau 5 kilometer dari Kota Kecamatan Ajibarang arah utara. Namun sesampai di Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen tepatnya pertigaan jalan kabupaten Dusun Kebonjambe pengunjung harus berhenti untuk menuju arah lokasi Desa Petahunan. 

Baca Juga: Sudah Move On ! Song Joong Ki Dikonfirmasi Berkencan dengan Cewek Bule

Dari arah Desa Cikawung inilah, pengunjung bisa naik menuju lokasi wisata dengan melalui jalan kabupaten di Desa Semedo yang berkelok dan menanjak. Setelah sekitar 10 menit pengunjung bisa sampai ke lokasi pintu masuk ke lokasi Curug Nangga tersebut. 

Selain Curug Nangga, di dekat lokasi ini juga ada wisata perbukitan Bukit Watu Kumpul di mana lokasi ini sempat menjadi lokasi terbang  olahraga dirgantara Paralayang dan gantole. Lokasi ini juga menjadi tempat favorit untuk berkemah dengan suasana hutan pinus dan pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam. 

2. Dream Land Waterpark atau Dream Land Park

Wisata Dream Land Water Park merupakan tempat wisata air terbesar yang berlokasi di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Lokasi wisata ini berada tepat di barat jalan nasional Ajibarang-Wangon, atau dari arah Bumiayu Brebes ke selatan menuju arah Ajibarang. Dari kota Purwokerto Dream Land Park bisa dicapai sekitar waktu setengah jam perjalanan. 

Baca Juga: Anak dan Menantu Kaget, Intip Lewat Jendela Kos Dapati Ibunya Tak Bernyawa

Banyak wahana atau tempat bermain air tersedia di dalamnya, seperti kolam renang dengan berbagai ukuran dan kedalaman, seluncuran air, water jet sky, waterbom, tempat edukasi reptil dan ikan serta wisata ombak dream land dan lain sebagainya.

Tempat ini biasanya ramai dikunjungi anak-anak hingga dewasa, dari keluarga hingga tim kerja. Keaslian mata air juga membuat kelebihan wisata ini terkenal dengan kesegarannya sejak dulu. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Borobudur Aman dari Hujan Abu Vulkanik Merapi

Minggu, 12 Maret 2023 | 08:28 WIB

Empat Wisata Alam di Banyumas Menenangkan Pikiran

Selasa, 7 Maret 2023 | 14:10 WIB

2022, Kunjungan Wisata Dieng Capai Angka 2 Juta

Sabtu, 11 Februari 2023 | 07:58 WIB
X