Manfaat Apu-Apu Tak Main-Main, Segera Tanam di Kolam

- Rabu, 23 November 2022 | 13:46 WIB
Tanaman apu-apu tumbuh subur di sebuah kolam. (SM / Gayhul Dhika Wicaksana)
Tanaman apu-apu tumbuh subur di sebuah kolam. (SM / Gayhul Dhika Wicaksana)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Apu-apu (pistia stratiotes) atau juga disebut kapu-kapu, atau kayu apung merupakan tumbuhan air, yang umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, baik di kolam, maupun akuarium. Siapa sangka, tanaman yang tumbuh terapung di permukaan air itu punya manfaat yang tak main-main.

Mengutip tamankita.tangerangkota.go.id, apu-apu memiliki fungsi lain sebagai pembersih air dari polutan berbahaya. Tanaman yang memiliki ukuran daun sepanjang 2-10 cm dengan lebar sekitar 2-6 cm, dan tepi daunnya memiliki lekukan, serta rambut tebal di permukaan ini mampu menyerap polutan radioaktif, hingga logam berat di dalam air.

Baca Juga: Piala Dunia 2022, Perancis Perkasa Lawan Australia 4-1

Manfaat yang diberikan oleh tanaman apu-apu ini, tentu akan menjaga kualitas air di kolam atau akuarium sehingga bisa mendukung pertumbuhan dan kesehatan ikan yang dipelihara.

Tanaman yang merupakan bagian dari famili talas-talasan (araceace) ini memiliki warna daun hijau, sampai hijau kebiruan dan akan menguning seiring dengan usianya yang semakin tua. Sepintas daun apu-apu berbentuk seperti mahkota bunga mawar.

Sementara itu, akar tanaman apu-apu disebut juga bisa memiliki panjang mencapai 80 cm, akarnya menggantung dan memiliki stolon. Pada akar tanaman ini, rambut-rambut akarnya membentuk struktur yang menyerupai keranjang, dan dikelilingi gelembung udara, sehingga menunjang daya apung tanaman tersebut.

Baca Juga: Jadi Tersangka Dugaan Ujaran Kebencian terhadap Tokoh NU, Sumbadi Resmi Ditahan

Bukan itu saja, konon tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat herbal, untuk mengobati demam, batuk rejan, juga melancarkan air seni. Hal itu karena tanaman ini mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, minyak, lemak, serta glikosid.

Beberapa literatur juga menyebutkan bahwa apu-apu mampu mengendalikan pertumbuhan lumut di kolam. Sebab apu-apu yang tumbuh terapung akan menghalangi sinar matahari ke dalam air sehingga menghambat proses fotosintesis dari lumut.

Baca Juga: MDMC Cilacap Kirim Relawan Bantu Penanganan Gempa Cianjur

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika Wicaksana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X