Kisah Islami: Sejarah Nama Muhammad Rasul Terakhir Tak Lepas dari Mimpi Abdul Muthalib

- Minggu, 27 November 2022 | 13:49 WIB
Sejarah nama Muhammad Nabi terakhir takp dari mimpi Abdul Muthalib. (SM Banyumas/dok pexel)
Sejarah nama Muhammad Nabi terakhir takp dari mimpi Abdul Muthalib. (SM Banyumas/dok pexel)

Suaramerdeka-banyumas.com- Selain kabar dari kitab terdahulu yang memberitakan akan hadirnya Nabi Terakhir bernama Ahmad atau Muhammad, ternyata Abdul Muthalib terinspirasi nama Muhammad setelah ia mendapatkan mimpi

Nama Muhammad konon merupakan nama yang belum pernah dipakai oleh bangsa Arab yang sebelum nabi terkenal sebagai bangsa yang sangat mengagungkan sastra.

Muhammad yang berarti Yang Terpuji ini pertama kali dipakai oleh Nabi Muhammad saw.

Imam Ibnu Qutaibah menegaskan, salah satu peristiwa luar biasa yang menjadi pertanda akan dilahirkannya Nabi Muhammad adalah belum ada satu orang pun yang menggunakan kata “Muhammad” sebagai nama.

Baca Juga: Jadi Bridesmaid, Netizen Ramai Komentar Dress Amanda Manopo yang Terbuka

Hal ini sengaja Allah lakukan demi menjaga kesucian Nabi Muhammad sebagaimana hal serupa juga dilakukan kepada Nabi Yahya as. (Syihabuddin al-Qastalani, Mawahibul Ladduniyah, 2009: juz I, halaman 374).  

Namun sebagaimana banyak riwayat menyebutkan kalau nama Muhammad diberikan oleh sang kakek yaitu Abdul Muthalib usai kelahiran Rasul terakhir ini. 

Rupanya Abdul Muthalib yang merupakan orang terpandang di Makkah ingin cucunya ingin cucunya menjadi orang yang dipuji seluruh makhluk.

Baca Juga: Tips Anak Cinta Salat dan Cara Mengajari Anak Salat Sesuai Usianya

Bahkan seorang Abu Lahab pun merasakan bahagia ketika mendengar kelahiran sang keponakan sehingga sebab itulah tipa hari Senin, siksanya diringankan oleh Allah. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rianto: Tari adalah Bahasa Tubuh

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:21 WIB
X