Belum Genap Setahun Berdiri, Pekunden Lolos 10 Besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022

- Rabu, 16 November 2022 | 20:13 WIB
WISATA EDUKASI: Puluhan siswa berwisata di Kampung Nopia Desa Pekunden Banyumas, belum lama ini              (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
WISATA EDUKASI: Puluhan siswa berwisata di Kampung Nopia Desa Pekunden Banyumas, belum lama ini (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Desa Pekunden, Kecamatan/Kabupaten Banyumas, masuk sebagai 10 besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022.

Nominator terpilih dari 27 Desa Wisata yang mengikuti ajang apresiasi desa wisata tingkat provinsi ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani, mengatakan, lolosnya Pekunden yang baru disahkan sebagai desa wisata ini cukup mengejutkan. Pasalnya, desa tersebut baru diresmikan Desember 2021.

"Kami menyadari betul, tapi salut karena ini adalah desa wisata baru, tapi perkembangannya cepat," kata dia ketika dihubungi Rabu, 16 November 2022.

Baca Juga: Ini Dia Daftar 50 Desa Wisata Terbaik Pemenang ADWI 2022

Sebagai desa wisata, Pekunden mengandalkan sejumlah destinasi dan aktivitas.

Di antaranya kerajinan Kampoeng Nopia Mino, Kampung Batik, wisata petik buah naga, Oemah Gamelan, dan kerajinan makanan olahan singkong yaitu manggleng.

Pada Rabu pagi, tim dari tim dari dewan juri Gelar Desa Wisata Jawa Tengah melakukan visitasi untuk melakukan penilaian.

"Ada beberapa aspek yang dinilai, seperti kesesuaian antara video yang dikirim dengan kondisi lapangan, adanya partisipasi atau pemberdayaan masyarakat di sektor wisata dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya," jelas Asis.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X