Kabar Baik, Kemenprekraf Siapkan Aplikasi Penyaluran Bantuan Sosial untuk Sektor Parekraf

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:43 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno memberikan keterangan pers secara daring.(SMBanyumas/ dokumentasi Kemenparekraf)
Menparekraf, Sandiaga Uno memberikan keterangan pers secara daring.(SMBanyumas/ dokumentasi Kemenparekraf)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendorong percepatan penyaluran bantuan khususnya bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dari sisi pendataan dan mekanismenya.

Salah satu langkahnya, Kemenperakraf saat ini tengah menyiapkan aplikasi untuk mendata dan mempermudah penyaluran bantuan pemerintah bagi pelaku parekraf.

"Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pendataan dan penyaluran bantuan-bantuan pemerintah ini," kata Sandiaga dalam keterangan persnya pada laman resmi Kemenparekraf yang dikutip Selasa (3/8/2021).

Program ini, kata dia, tidak hanya untuk memudahkan pendataan calon penerima bantuan.

Aplikasi tersebut juga disiapkan untuk penyaluran bantuan-bantuan seperti Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM), bantuan sosial, dan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata dengan pagu anggaran Rp 2,4 triliun agar lebih tepat sasaran dan akuntabel.

Baca Juga: Pelonggaran Sektor Pariwisata, Pemkab Banyumas Tunggu Instruksi Pusat

Sebagai informasi, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki pagu anggaran Rp 2,4 triliun.

Sejumlah program yang dapat dijalankan pada tahap awal realisasi PEN ini adalah sertifikasi CHSE bagi usaha pariwisata, dukungan bagi subsektor film, dukungan akomodasi hotel untuk tenaga kesehatan, serta bantuan pemerintah untuk usaha pariwisata (BPUP) yang sedang dalam tahap finalisasi.

"Penyaluran bantuan ini diharapkan nantinya dapat tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu dan ini akan kita dorong sebagai langkah Kemenparekraf bagi masyarakat di tengah masa PPKM Level 4 ini. Program-program ini juga akan terus kita manfaatkan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Terkini

Pengelola Wisata Desa Gencarkan Promosi lewat Medsos

Selasa, 21 September 2021 | 09:30 WIB
X