Waspada, Menkes Prediksi Kasus Covid-19 Subvarian XBB Capai 20 ribu Kasus per Hari

- Rabu, 9 November 2022 | 11:05 WIB
Covid-19 subvarian XBB akan terus meningkat (istimewa)
Covid-19 subvarian XBB akan terus meningkat (istimewa)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Waspada, puncak kasus Covid-19 subvarian XBB diprediksi bisa mencapai 20 ribu kasus per hari. Hal itu diutarakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa 8 November 2022.

"Kalau mengikuti pola Singapura, harusnya dalam satu bulan ke depan ini akan naik mendekati angka 20 ribu per hari. Sama seperti bulan Agustus kemarin," terangnya, seperti dikutip dari PMJ News.

Adapun mengenai tingkat kematian dan tingkat keparahan dari subvarian XBB dan XBB 1 menurut Budi lebih rendah dibandingkan dengan Subvarian Omicron BA.1 dan BA.2. "Jadi memang subvarian XBB ini kalau kita lihat dari Singpura, naiknya lebih cepat, dibandingkan BA.4 dan BA.5, tapi lebih rendah dari BA.1 dan BA.2," tuturnya.

Sementara itu, Budi menjelaskan pada kasus subvarian BA.1 dan BA.2 puncaknya mencapai 60 ribu kasus per hari. Jumlah itu dicapai hanya dua bulan setelah subvarian tersebut terdeteksi. Mengenai subvarian XBB, ia menilai angkanya tidak akan setinggi kasus subvarian sebelumnya.

Meski begitu, ia tetap menyiagakan fasilitas kesehatan di seluruh daerah. Menurutnya kapasitas rumah sakit saat ini mencapai 100 ribu, dan pada saat omicron bulan Januari- Februari hanya 20 ribu, kemudian pada Juli - Agustus hanya 5 ribu, melihat situasi itu, ia menilai kapasitas rumah sakit masih tersedia. ***

Editor: Gayhul Dhika

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X