Gandeng WhatsApp Kemenkes Kembangkan Fitur Pelayanan Kesehatan

- Selasa, 8 November 2022 | 21:29 WIB
Ilustrasi; WhatsApp. (Pixabay/antonbe)
Ilustrasi; WhatsApp. (Pixabay/antonbe)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Gandeng WhatsAppKementerian Kesehatan akan mengembangkan lima fitur untuk mendukung transformasi digital pelayanan kesehatan publik.

Apa saja fitur yang akan dikembangkan? Dalam siaran pers, Kementerian Kesehatan akan mengembangkan fitur yang berfungasi menjaga kesehatan masyarakat. Lima fitur itu antara lain, pendataan anak-anak melalui Posyandu untuk mencegah stunting, notifikasi pengingat imunisasi anak untuk keluarga dan tenaga kesehatan, notifikasi pengingat jadwal bertemu dengan dokter, kampanye kesehatan publik, serta sebagai pusat dukungan informasi bagi nakes.

Baca Juga: Catat! Kamandaka Ciptarasa Festival Segera Digelar di Banyumas

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan upaya tersebut menjadi salah satu strategi yang dilaksanakan, untuk memberikan edukasi pada masyarakat. Menurutnya, perhatian yang dilakukan Kementerian Kesehatan yaitu untuk memastikan upaya preventif, serta mengubah kebiasaan orang menjadi berperilaku hidup bersih dan sehat.

''Bikin grup WA masyarakat untuk memudahkan edukasi. Bisa dimulai dengan grup kanker payudara atau pita pink. Ini akan menyelamatkan masyarakat Indonesia dan menjadi tribute bagi Whatsapp,'' tutur Menkes.

Pelaksanaan kerjasama ini, tetap mengedepankan privasi para pengguna WhatsApp, sehingga kerahasiaan data pribadi tetap terlindungi, namun bisa memperoleh kemudahan akses layanan kesehatan publik pada saat yang sama.

Baca Juga: 'Kebaya Merah' Dibikin Untuk Pesanan Dengan Bayaran Cuma Rp 750 Ribu, Hasil Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Sementara itu, VP for Global Affairs WhatsApp Victoria Grand dan Direktur Kebijakan Publik Global WhatsApp Jonathan Lee telah berkunjung ke Kementerian Kesehatan guna mengutarakan komitmen WhatsApp dalam memberi kontribusi pada transformasi digital Indonesia, dan mendengarkan dari berbagai perspektif mengenai kontribusi WhatsApp terhadap digitalisasi Indonesia.

Victoria menyatakan apresiasinya melihat Kemenkes RI yang selalu berupaya memberi kemudahan, keandalan, serta privasi WhatsApp guna mendukung kesehatan masyarakat. Kerjasama ini, membuat pihaknya semakin termotivasi, dan WhtasApp sejauh ini juga telah membantu bermacam upaya penanganan Covid-19 dari pemerintah, diawali program vaksinasi nasional hingga telemedisin bagi pasien yang menjalani isoman. ***

Editor: Gayhul Dhika

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X