Catat! Kamandaka Ciptarasa Festival Segera Digelar di Banyumas

- Selasa, 8 November 2022 | 19:27 WIB
Poster Kamandaka Ciptarasa Festival di Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, 19-20 November 2022.  (SMBanyumas/istimewa/IG Pakemas)
Poster Kamandaka Ciptarasa Festival di Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, 19-20 November 2022. (SMBanyumas/istimewa/IG Pakemas)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kamandaka, Pemerintah Desa Tamansari bersama Paguyuban Kakang Mbekayu Banyumas (Pakemas) menggelar ajang Kamandaka Ciptarasa Festival pada 19-20 November 2022.

Ketua Pakemas, Dwi Hana Satria Wibawa mengatakan, event ini menjadi ajang untuk mengenalkan potensi wisata dan budaya Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas.

Desa ini dikenal sebagai cikal bakal Kadipaten Pasir Luhur yang melahirkan kisah roman Raden Kamandaka dan Dewi Ciptarasa.

"Dua ikon ini dipilih sebagai tagline festival karena memiliki sejarah yang kuat bagi masyarakat Desa Tamansari," kata dia, Selasa, 8 November 2022.

Baca Juga: Setelah Babad Banyumas, Ini Cerita Rakyat yang Bakal Diangkat Jadi Komik

Hana menuturkan, setiap gelaran yang ada mengajak pengunjung festival untuk 'napak tilas' cerita Babad Pasir Luhur. Contohnya seperti pementasan Ketoprak Tobong "Kamandaka Ciptarasa, Kontes 1000 Lutung, Kirab Pusaka dan Tari Massal, Sendratari, dan Marak Iwak.

Pada momen ini, komunitas komik yang difasilitasi Pemkab Banyumas juga meluncurkan Komik Babad Pasir Luhur seri "Raden Kamandaka".

"Ada juga lomba foto dan mewarnai dan sebagainya," kata dia.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono turut mempromosikan event tersebut.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X