Jelang Libur Nataru, Okupansi Hotel di Banyumas Diprediksi Naik

- Senin, 7 November 2022 | 19:19 WIB
HOTEL Aston Purwokerto turut menjadi lokasi rukyatul hilal atau pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 1443 H pada Jumat 1 April 2022 (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)
HOTEL Aston Purwokerto turut menjadi lokasi rukyatul hilal atau pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 1443 H pada Jumat 1 April 2022 (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, tingkat hunian atau okupansi hotel di Kabupaten Banyumas diprediksi bakal mengalami peningkatan.

Ketua Badan Pengurus Cabang Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (BPC PHRI) Banyumas, Irianto mengatakan, peningkatan pemesanan kamar sudah mulai meningkat saat memasuki bulan November.

Hal itu disebabkan karena kondisi pandemi Covid -19 yang sudah mulai membaik dan kerinduan untuk berlibur.

Baca Juga: Ini Empat Kunci Keberhasilan Pelayanan Pelanggan Hotel dan Restoran

"Di bulan November-Desember sudah ada peningkatan booking kamar. Kegiatan-kegiatan seperti MICE, acara keluarga dan reuni dari (pesanan) biro perjalanan wisata sudah mulai meningkat," kata dia saat ditemui pekan lalu.

Dia mengatakan, kondisi yang membaik ini diharapkan juga berimbas pada durasi tinggal atau length of stay para wisatawan.

Kendati demikian, Irianto belum berani memprediksi tingkat hunian saat akhir tahun 2022. Sebab, masih banyak wisatawan yang lebih memilih berlibur sebelum libur Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Dua Pekan Jelang Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Purwokerto Stagnan

"Kami belum bisa memprediksi, karena ada yang menanyakan kondisi (pandemi) masih menerapkan PPKM atau tidak. Rombongan wisatawan (memilih) mengadakan acara sebelum akhir tahun," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X