Ini Empat Kunci Keberhasilan Pelayanan Pelanggan Hotel dan Restoran

- Rabu, 2 November 2022 | 22:10 WIB
SIMAK MATERI : Peserta menyimak materi pada Pelatihan Sumber Daya Manusia Hotel dan Restoran yang diselenggarakan BPC PHRI Kabupaten Banyumas di Hotel Java Heritage Purwokerto, Banyumas, Rabu, 2 November 2022.  (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
SIMAK MATERI : Peserta menyimak materi pada Pelatihan Sumber Daya Manusia Hotel dan Restoran yang diselenggarakan BPC PHRI Kabupaten Banyumas di Hotel Java Heritage Purwokerto, Banyumas, Rabu, 2 November 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Ketua Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Banyumas, Irianto, menilai, kunci keberhasilan pelayanan pelanggan terletak pada sumber daya manusia (SDM) perhotelan dan restoran.

Rasa puas terhadap pelayanan serta mampu membuat mereka kembali datang berkunjung tentu menjadi target bagi pengelola hotel dan restoran.

Hal itu dikemukakan di sela Pelatihan Sumber Daya Manusia Hotel dan Restoran di Purwokerto, di Hotel Java Heritage Purwokerto, Rabu, 2 November 2022.

Dia mengatakan, empat hal penting yakni, Hospitality Industry, Front Office, Food and Beverage Service, dan Housekeeping merupakan kunci dari keberhasilan pelayanan di hotel dan restoran.

Baca Juga: Dua Pekan Jelang Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Purwokerto Stagnan

"SDM utamanya frontliner kan berhadapan dengan tamu. 50 persennya, menjadi faktor keberhasilan pelayanan, 30 persen fasilitas, 20 persen di manajemen," kata dia.

Menurutnya, keberhasilan SDM perhotelan dan restoran di Banyumas yang dapat memberikan pelayanan terbaik menjadi faktor penentu pelanggan datang kembali ke hotel maupun restoran.

Apabila hotel serta restoran memberikan pelayanan yang bagus, hal ini akan berdampak terhadap lama tinggal wisatawan di Kabupaten Banyumas.

Dia mengatakan, setiap peserta pelatihan tersebut mendapatkan sertifikat.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X