Ini Dia Daftar 50 Desa Wisata Terbaik Pemenang ADWI 2022

- Rabu, 2 November 2022 | 08:24 WIB
Puncak Sikunir, yang menjadi salah satu wisata di Desa Wisata Sembungan Kejajar Wonosobo Jateng uang menjadi Juara 1 Desa Wisata Rintisan ADWI 2022.(SM Banyumas/ instagram sembungan)
Puncak Sikunir, yang menjadi salah satu wisata di Desa Wisata Sembungan Kejajar Wonosobo Jateng uang menjadi Juara 1 Desa Wisata Rintisan ADWI 2022.(SM Banyumas/ instagram sembungan)

 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- 50 Desa wisata terbaik mendapatkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf). 

Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak semua untuk berwisata di Indonesia, bangga dan menyukai produk Indonesia. 

Ajang ADWI 2022 yang bertema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit” diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi desa dan promosi desa wisata Indonesia hingga ke luar negeri. 

Terkait hal inilah, daya tarik pengunjung, homestay, digital dan kreatif, suvenir, toilet umum, penerapan cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE), serta kelembagaan desa menjadi tujuh aspek penilaian pada ADWI 2022.

Baca Juga: Konsern Implementasikan ESG, BRI Raih Predikat Leadership AAA

Sandi mengapresiasi desa wisata terbaik yang telah memberikan pariwisata terbaik, inklusif dan berkelanjutan. 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi.

"Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah, kepala daerah, yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya,” ujarnya saat Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu 30 Oktober 2022. 

Baca Juga: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa UIN Saizu Purwokerto, Didiseminasikan

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X