Asyiiikkk! Dua Gajah Sumatera Jadi Koleksi Satwa Baru Serulingmas Zoo

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 16:20 WIB
MASUK KANDANG: Dua gajah Sumatera yang didatangkan dari lembaga konservasi di Gianyar, Bali, tiba di Banjarnegara dan langsung dimasukkan ke kandang Serulingmas Zoo untuk menjalani karantina selama 14 hari.  (SMBanyumas/Castro Suwito)
MASUK KANDANG: Dua gajah Sumatera yang didatangkan dari lembaga konservasi di Gianyar, Bali, tiba di Banjarnegara dan langsung dimasukkan ke kandang Serulingmas Zoo untuk menjalani karantina selama 14 hari. (SMBanyumas/Castro Suwito)

BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com - Perumda Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Banjarnegara atau Serulingmas Zoo menambah koleksi satwa berupa dua ekor gajah Sumatera (elephas maximus sumatrensis).

Gajah yang didatangkan dari Mason Elephant Park and Lodge Bali tersebut tiba di Banjarnegara, Sabtu 29 Oktober 2022, setelah menempuh 2 hari perjalanan.

Proses translokasi dua ekor gajah Sumatera tersebut dikawal langsung oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali dan BKSDA Jawa Tengah.

Selain itu, dua perawat satwa atau pawang juga menyertai pemindahan gajah dan akan membantu proses adaptasi di kandang baru di Serulingmas Zoo.

Baca Juga: 2023, Agenda Wisata Banyumas Hanya Sampai September

Direktur Perumda TRMS Lulut Yekti Adi mengatakan, kedatangan gajah Sumatera ini akan menambah koleksi satwa.

Selama ini, banyak pengunjung yang ingin melihat gajah. Dan upaya untuk mendatangkan gajah sudah dilakukan sejak 4 tahun lalu.

"Sejak tahun 2018 kami sudah mengupayakan untuk mendatangkan gajah, dan akhirnya bisa datang hari ini," katanya.

Diakui, proses untuk mendatangkan gajah memang lama. Selain mengurus perizinan, pihaknya juga menyiapkan kandang dan lainnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X