Lima Produk Dilarang Beredar, Apotek di Purwokerto Tarik Ratusan Botol Obat Sirup

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:01 WIB
DITARIK:Sejumlah produk obat sirup yang akan dijual di salah satu apotek di Purwokerto ditarik kembali oleh pengelola apotek, Jumat, 21 Oktober 2022. (SMBanyumas/Budi Setyawan)
DITARIK:Sejumlah produk obat sirup yang akan dijual di salah satu apotek di Purwokerto ditarik kembali oleh pengelola apotek, Jumat, 21 Oktober 2022. (SMBanyumas/Budi Setyawan)

 

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Pengelola apotek di wilayah Purwokerto mendata dan menarik kembali ratusan botol produk obat sirup.  

Itu dilakukan menindaklanjuti instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) terkait larangan menjual obat bebas dalam bentuk sirup, 

Produk obat sirup itu selanjutnya dikumpulkan dan rencananya akan dikembalikan lagi kepada pihak distributor obat tersebut.

"Hari ini kita sedang mendata dan menarik kembali produk-produk obat sirup, terutama setelah terbitnya surat edaraan dari BPOM," kata apoteker Apotek Samudra Farma Purwokerto, Yoga Bagus Wicaksana, Jumat, 21 Oktober 2022.

Baca Juga: Sering Konsumsi Jamu, Cermati Titik Kritis Kehalalannya

Langkah ini sekaligus menindaklanjuti instruksi dari Kemenkes, di mana sambil menununggu proses penelitian dan sampai ada keputusan resmi, untuk sementara produk obat sirup tidak dijual dulu.

"Prinsipnya dalam rangka menjaga keselamatan pasien, untuk sementara semua produk obat sirup kita tarik dulu," terang dia.

Untuk mempertegas, pengelola apotek juga memasang pengumuman yang isinya demi menjaga keselamatan pasien, mulai kemarin apotek tidak melayani penjualan obat dalam bentuk sirup.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X