Berobat di Fasilitas Kesehatan, Peserta JKN Cukup Tunjukkan NIK KTP Elektronik

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:46 WIB
Seorang peserta BPJS Kesehatan berobat pada fasilitas kesehatan (foto dok)
Seorang peserta BPJS Kesehatan berobat pada fasilitas kesehatan (foto dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kini tak perlu repot menunjukkan kartu peserta ketika hendak berobat ke fasilitas kesehatan.

Peserta cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP elektronik untuk memperoleh pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Unting Patri Wicaksono Pribadi mengaku kebijakan kemudahan akses layanan ini telah disosialisasikan kepada seluruh FKTP dan FKRTL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Dengan kemudahan akses ini diharapkan tidak ada penolakan kepada peserta yang tidak membawa kartu JKN dari pihak FKTP maupun FKRTL.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Denmark Open 2022, Ganda Putra Terjadi Perang Saudara

Dengan kemudahan ini, para peserta JKN juga tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mencetak kartu, karena mereka dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan menunjukkan NIK pada KTP elektronik.

"Selain itu, peserta dapat mengunduh Kartu JKN Digital pada Aplikasi Mobile JKN
di playstore atau appstore," kata Unting menjelaskan.

Penanggung Jawab Klinik Pratama Amanda, Giat Istiyantoko menyatakan komitmennya untuk tidak mempersulit peserta yang tidak membawa Kartu JKN.

Bagi peserta JKN yang belum memiliki KTP elektronik dapat menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Keluarga (KK).

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X