Menparekraf : Tingkatkan Kolaborasi Untuk Hadapi Tantangan Inflasi

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 14:57 WIB
BERBICANG: Menparekraf Sandiaga Uno berbincang santai dengan Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Faozi di roof top homestay Acacia Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.  (SMBanyumas/tangkapan layar video kiriman Alif Faozi)
BERBICANG: Menparekraf Sandiaga Uno berbincang santai dengan Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Faozi di roof top homestay Acacia Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara. (SMBanyumas/tangkapan layar video kiriman Alif Faozi)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Meningkatkan kolaborasi bagi pelaku ekonomi kreatif penting untuk menghadapi tantangan inflasi akibat tekanan ekonomi global.

Menurut dia, tantangan akibat tekanan ekonomi dengan kenaikan harga-harga komoditas, sehingga berdampak pada kenaikan ongkos produksi bagi pelaku UMKM khususnya di sektor ekonomi kreatif.

"Saya ingin memberikan salah satu solusi untuk menghadapi permasalahan naiknya harga-harga ini adalah, kita bisa meningkatkan efisiensi melalui kolaborasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dilansir banyumas.suaramerdeka.com dari laman kemenparekraf.go.id, Jumat 14 Oktober 2022.

Dikatakannya, pelaku ekraf dapat bekerja sama langsung dengan petani dalam memperoleh bahan-bahan baku untuk produksi.

Baca Juga: Coworking Space Pilihan Nyaman Bagi Generasi Milenial

Ia mencontohkan harga cabai naik, pelaku ekraf dapat bekerja sama dengan petani cabai di Jawa atau Sulawesi Selatan. Hal ini dapat memotong rantai pasok, sehingga harganya lebih terjangkau.

Saat ini banyak negara-negara di dunia sudah mulai masuk dalam ancaman resesi. Sebanyak 82 persen bank di luar negeri sudah memprediksi resesi pasti akan terjadi.

Meskipun belum masuk ke dalam zona yang membahayakan, Indonesia harus tetap waspada. Ekonomi rakyat yang salah satunya ditopang oleh UMKM harus terus diperkuat dengan strategi promosi atau penjualan yang baik.

"Resesi bisa kita hindari kalau revenue kita naik. Bagaimana revenue kita naik? Kita harus dapat memperkuat strategi marketing atau promosi kita," kata Sandiaga.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengembangan Pariwisata Tidak Bisa Sendiri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:22 WIB

Imbas PPKM Dicabut, Sektor Wisata Mulai Bergeliat

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:46 WIB

Sambut Nataru, PT KAI Operasikan Kereta Paranomic

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:44 WIB
X