Glofish, Ikan Hias Kekinian yang Glowing Abis

- Rabu, 28 September 2022 | 17:36 WIB
Glofish (petmd.com)
Glofish (petmd.com)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Jenis ikan hias sangat beragam, terkini bahkan ada ikan hias yang disebut glofish. Ikan glofish merupakan jenis ikan hias baru yang langsung memikat para penggemar ikan hias karena warnanya yang menyolok. Hal itu membuat tampilan akuarium, menjadi lebih atraktif.

Ikan tersebut dinamai glofish karena warnanya yang tidak saja menyolok, namun warnanya juga tampak berpendar. Mengutip petmd.com ikan itu memiliki warna merah, pink, oranye, hijau, biru, dan ungu. Namun warna-warna itu lebih sering disebut sebagai starfire red, electric green, sunburst orange, cosmic blue, galactic purple, dan moonrise pink.

Baca Juga: Kasus Korupsi Mantan Kepala Kantor Pos Rembang Purbalingga Mulai Disidangkan

Glofish sebenarnya terdiri dari beberapa spesies ikan hias. Semua ikan glofish memiliki warna-warna tersebut. Beberapa spesies ikan yang disebut glofish diantaranya yaitu ikan zebra (Danio rerio), tetra (Gymnocorymbus ternetzi), Tiger barbs (Puntius tetrazona), Rainbow shark (Epalzeorhynchos frenatum), dan Betta (Betta trifasciata).

Diketahui, glofish ternyata merupakan ikan hasil rekayasa genetika. Ikan ini dikembangkan dengan memasukkan protein fluoresen yang berbeda ke dalam genom ikan pada tahap awal perkembangan. Tujuan memproduksi ikan yang memiliki protein fluoresen ini, yaitu untuk penelitian biomedis dan lingkungan. Diharapkan ikan hasil rekayasa genetika itu akan mampu mendeteksi polusi di lingkungan. Namun demikian saat ini, ikan dibiakkan khusus untuk perdagangan ikan hias.

Baca Juga: Manfish, Ikan Hias dari Amazon Penghilang Stres

Gen yang menghasilkan warna Glofish ditempatkan di dalam kode genetik setiap ikan, sehingga akan diturunkan dari generasi ke generasi. Gen-gen ini menghasilkan protein yang berpendar. Glofish menyerap cahaya dalam panjang gelombang tertentu kemudian memancarkan kembali cahaya, membuatnya tampak glowing dan bercahaya. Warnanya akan semakin menyolok bila diterangi lampu LED biru, aktinik, dan hitam.

Namun demikian, ikan jenis ini termasuk barang ilegal di beberapa negara. Hal itu karena kondisi ikan glofish yang merupakan hasil dari rekayasa genetika. ***

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geguritan 'Cianjur Nangis Nggaur' Karya Wanto Tirta

Senin, 28 November 2022 | 11:20 WIB
X