Pertunjukkan Pantomime Dibidik Pajak Hiburan, Bupati: Itu Self Assessment, Tidak Bayar Tidak Masalah

- Minggu, 25 September 2022 | 13:19 WIB
MELIHAT-LIHAT: Bupati Banyumas. Achmad Husein melihat-lihat karya yang dipajang pada pameran seni rupa 'Gregah' di GOR DI Panjaitan, IT Telkom Purwokerto, Sabtu, 24 September 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
MELIHAT-LIHAT: Bupati Banyumas. Achmad Husein melihat-lihat karya yang dipajang pada pameran seni rupa 'Gregah' di GOR DI Panjaitan, IT Telkom Purwokerto, Sabtu, 24 September 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Bupati Banyumas, Achmad Husein menyebut proses klarifikasi yang dilakukan pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banyumas kepada Sedulur Pantomime Purwokerto sebagai panitia Pekan Raya Pantomime merupakan tahapan awal asesmen pajak hiburan.

Pasalnya, kegiatan tersebut menarik uang tiket masuk dan sesuai mekanisme harus dilaporkan kepada Pemkab Banyumas melalui Bapenda.

Husein mengatakan, apabila pertunjukkan tersebut tidak bertujuan mencari profit atau keuntungan dan untuk kalangan sendiri, maka panitia tidak perlu membayar pajak hiburan.

Menurutnya, asesmen merupakan proses edukasi kepada penyelenggara event baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

Baca Juga: Pameran Seni Rupa Gregah: Merekam Dinamika Perupa 'Ngapak' di Jagat Seni

"Saya sudah sampaikan ke panitia (Pekan Raya Pantomime), itu tidak harus. Kalau itu pakai tiket, memang harus. Tapi (ada) asesmen, fungsinya (asesmen) untuk edukasi (pajak)," kata bupati saat menghadiri pameran seni rupa 'Gregah' di GOR DI Panjaitan, Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto, Sabtu, 24 September 2022.

Dia menjelaskan, hiburan berupa pertunjukkan, tontonan, permainan dan keramaian dalam bentuk apapun dapat dikenakan pajak apabila melakukan penjualan tiket untuk masyarakat.

Adapun pajak hiburan menggunakan sistem self assessment. Artinya, penyelenggara pertunjukkan sebagai wajib pajak diminta menghitung dan melaporkan sendiri kegiatannya.

"Self assessment ini sifatnya laporan sendiri, dan (besaran) nilainya (pajak) tidak ditetapkan oleh kita (Bapenda)," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geguritan 'Cianjur Nangis Nggaur' Karya Wanto Tirta

Senin, 28 November 2022 | 11:20 WIB
X