Manfish, Ikan Hias dari Amazon Penghilang Stres

- Minggu, 25 September 2022 | 12:51 WIB
Manfish (Pexels/Fahad Alani)
Manfish (Pexels/Fahad Alani)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Bagi penghobi ikan hias, ikan Manfish (Pterophyllum scalare) juga banyak disebut angel fish atau ikan bidadari, mungkin menjadi salah satu ikan hias yang dikoleksi.

Hal itu karena ikan Manfish memang memiliki daya tarik pada bentuk tubuh dan warna yang indah, serta gerakannya yang terlihat anggun dan tenang. Keindahannya, membuat banyak penghobi ikan yang mencintai ikan itu, sebagai sarana penghilang stres.

Baca Juga: Jadwal Film Bioskop yang Diputar di Rajawali Cinema Purwokerto Hari Ini Minggu 25 September 2022

Tubuh Manfish lebar dan tipis, serta memiliki rumbai atau slayer di siripnya. Ikan yang berasal dari cekungan Amazon, dan cekungan Orinoco serta beberapa sungai lain di wilayah tropis Amerika Selatan itu juga punya keunikan lain, yaitu dikenal sebagai ikan yang sangat setia dengan pasangannya, karena hidup monogami.

Melansir laman Pusat Unggulan IPTEK Ikan Hias, meski berasal dari Amerika Selatan, saat ini manfish sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Beberapa bahkan telah menghasilkan jenis manfish hasil selektif breeding, seperti diamond (berlian), imperial, marble, dan black-white.

Baca Juga: Unggahan Presiden Joko Widodo Soal Hari Tani Nasional Viral, Ternyata Gegara Sosok Ini

Ikan manfish berkembang biak dеngаn cara bertelur уаng diletakkan diatas kayu /akar уаng terendam ataupun daun уаng rata. Ikan manfish dapat menjadi indukan ketika usianya mencapai 7 bulan dengan ukuran panjang ± 7,5 cm. Induk jantan memiliki ciri ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan induk betina. Kepala induk jantan terlihat agak besar dengan bagian antara mulut ke sirip punggung berbentuk cembung, serta bentuk badan lebih ramping dibandingkan dengan ikan betina.

Sementara induk betina memiliki ciri ukuran tubuhnya lebih kecil dan bentuk kepalanya yang lebih kecil dengan bagian perut yang lebih besar/gemuk serta terlihat agak menonjol.

Baca Juga: Akun Resmi MotoGP, Pasang Foto Pawang Hujan Rara, Netizen Heboh

Saat memijah, Ikan manfish akan menempelkan telur pada substrat yang halus, misalnya potongan pipa PVC yang telah disiapkan/ditempatkan dalam akuarium pemijahan. Karena ikan manfish cenderung menyukai suasana yang gelap dan tenang, maka pada dinding akuarium dapat ditempelkan kertas atau plastik yang berwarna gelap.

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geguritan 'Cianjur Nangis Nggaur' Karya Wanto Tirta

Senin, 28 November 2022 | 11:20 WIB
X