Bikin Pertunjukkan di Kampus Dapat Dikenai Pajak Hiburan, Begini Penjelasan Kepala Bapenda Banyumas

- Jumat, 23 September 2022 | 20:02 WIB
PEMENTASAN PANTOMIME: Pegiat komunitas Sedulur Pantomime Purwokerto (SPP) menggelar pementasan Road to Pekan Raya Pantomime di kampus Amikom Purwokerto, baru-baru ini. (SMBanyumas/istimewa)
PEMENTASAN PANTOMIME: Pegiat komunitas Sedulur Pantomime Purwokerto (SPP) menggelar pementasan Road to Pekan Raya Pantomime di kampus Amikom Purwokerto, baru-baru ini. (SMBanyumas/istimewa)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Penyelenggara event berupa pertunjukkan, tontonan, permainan dan keramaian dalam bentuk apapun dapat dikenai pajak hiburan kendati diselenggarakan di lingkungan kampus atau perguruan tinggi.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banyumas, Eko Prijanto menjelaskan, berdasarkan Peraturan Bupati Banyumas nomor 64 Tahun 2021, pajak hiburan dikenakan untuk pentas kesenian modern dengan tujuan komersial sebesar 15 persen.

"Yang (pertunjukan) tradisional 7,5 persen. Itu aturannya," jelasnya melalui rekaman suara yang dikirim pada aplikasi pesan, Jumat, 23 September 2022.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, wajib pajak dapat berupa perorangan atau badan hukum yang menyelenggarakan hiburan tersebut.

Baca Juga: Tahukah Kamu: Di Masjid Saka Tunggal Cikakak Banyumas, Azan Jumatan Dikumandangkan Empat Orang Muadzin

Oleh karena itu, sesuai aturan tersebut, kendati penyelenggara pertunjukkan adalah mahasiswa maupun komunitas dan digelar di lingkungan kampus tetap akan dikenai pajak hiburan apabila menarik tarif atau tiket menonton.

"Kena pajak kalau ada tarif/tiket menonton," tulisnya pada aplikasi pesan.

Eko menjelaskan, petugas atau operator dari Bapenda Banyumas akan melakukan klarifikasi terhadap event yang digelar, termasuk dalam kategori komersial atau non komersial.

"Operator kami akan mencari tahu, klarifikasi, apakah event ini membayar atau patungan (iuran). Yang kena pajak itu bukan pembiayaan event, tapi untuk ticketing tetap kena (pajak). Intinya tiket itu," kata dia.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Dee Lestari, Reza Gunawan Meninggal Dunia

Selasa, 6 September 2022 | 19:07 WIB
X