Jerami Festival 2022, Warga Pangebatan Ingatkan Jasa Petani

- Senin, 19 September 2022 | 18:14 WIB
ARAK ORANG-ORANGAN SAWAH:  Warga mengarak orang-orangan sawah pada Jerami Festival 2022, di Bukit Albong Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Minggu, 18 September 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
ARAK ORANG-ORANGAN SAWAH: Warga mengarak orang-orangan sawah pada Jerami Festival 2022, di Bukit Albong Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Minggu, 18 September 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Ratusan warga Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, mengikuti lomba membuat 'orang-orangan sawah' dari bahan jerami, Minggu, 18 September 2022.

Kegiatan itu menjadi rangkaian acara Jerami Festival 2022, yang digelar pertama kali.

Sejak pagi, warga berkumpul di atas Bukit Albong, belakang balai desa setempat.

Di bukit ini, sebanyak 17 tim dari desa setempat dan desa tetangga di Kecamatan Karanglewas beradu kreativitas dengan beragam boneka dari batang padi yang telah dipanen.

Memedi sawah yang mereka buat cukup unik. Ada yang berbentuk seorang petani lengkap dengan baju dinasnya, nenek lampir, hingga sosok malaikat pencabut nyawa, hanya dalam waktu satu setengah jam.

Baca Juga: Bentuk Karakter Cinta Tanah Air, Kwarran Kembaran Angkat Budaya Lokal via VLog Edukatif

Setelah selesai, boneka jerami itu diarak menuju lapangan Desa Pangebatan untuk bergabung dalam pagelaran budaya bertajuk 'Putri Jerami Emas'.

Ketua Panitia Jerami Fest 2022 Fani Agustiawan (30), mengatakan, Festival Jerami merupakan wujud syukur petani setelah panen.

Lewat kegiatan ini, mereka tak langsung membakar jerami usai dipanen, namun dimanfaatkan menjadi atraksi budaya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geguritan 'Cianjur Nangis Nggaur' Karya Wanto Tirta

Senin, 28 November 2022 | 11:20 WIB
X