Gelar Pameran Solo Bertema Karnaval 'Main Distortion', Nizar Zulmi Awetkan Pengalaman Hidup Lewat Seni Rupa

- Sabtu, 10 September 2022 | 14:58 WIB
Pameran Lukisan Solo 'Karnaval: Main Distortion' digelar di Recovery Kopi Jalan Lingkar Ajibarang, 11-17 September 2022 (SM Banyumas/Dok)
Pameran Lukisan Solo 'Karnaval: Main Distortion' digelar di Recovery Kopi Jalan Lingkar Ajibarang, 11-17 September 2022 (SM Banyumas/Dok)

AKU anggap bahwa kerjaku seperti karnaval. Semua mata tertuju pada ramainya karnaval itu atau tidak, bukanlah sesuatu yang penting. Tapi energi karnaval sepanjang jalan mampu mengisi ruang pada orang-orang yang mengurung diri.

Demikianlah sebuah pengantar dari Pameran Solo Lukisan karya Nizar Zulmi Sapta Aji yang akan digelar di Recovery Kopi Jalan Lingkar Ajibarang, mulai 11-17 September 2022. 

Mengusung tema Karnaval 'Main Distortion', Nizar Zulmi menampilan pengalaman hidupnya yang ia awetkan lewat seni rupa dengan berbagai media lukis mulai dari kanvas, kertas dan lainnya. 

Rekan Nizar, Mahbub Wibowo yang juga penulis skenario  mengungkapkan gelontoran informasi, pergaulan dan jual beli pikiran dengan berbagai kalangan dalam kehidupan nyata maupun jagad maya mempengaruhi kelahiran karya Nizar.

Baca Juga: Tahukah Kamu: Ini Dia Tiga Provinsi Baru Indonesia di Papua

"Karyanya yang kebanyakan menyerupai figur, tidak bisa ia lacak secara jelas itu siapa dan bagaimana kemunculannya. Nizar ingin menunjukkan pengalaman manusia   memaknai “apa adanya” lewat medium dan warna yang dia temukan dan itu ada di sekelilingnya," katanya mengutip pernyataan Nizar. 

Mahbub menjelaskan Nizar melakukan distorsi terhadap hal-hal yang ideal dan atau diagungkan oleh beberapa orang menjadi hal yang kacau dan bertentangan.

Karya-karya ini bukan tentang keindahan alam ataupun kecantikan yang dapat diterima oleh semua orang.

Baca Juga: Ayo Simak dan Baca ! Buku Max Havelaar Karya Multatuli, Buku yang Membunuh Kolonialisme

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geguritan 'Cianjur Nangis Nggaur' Karya Wanto Tirta

Senin, 28 November 2022 | 11:20 WIB
X