Ini Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen dengan Teknik Proning Versi Kemenkes RI

- Kamis, 22 Juli 2021 | 09:26 WIB
OXIMETER: Alat pengukur saturasi oksigen
OXIMETER: Alat pengukur saturasi oksigen

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-  Saturasi oksigen yaitu jumlah kadar oksigen dalam darah sangat penting untuk kesehatan kita terutama bagi pasien positif Covid-19.

Di saat pandemi Covid-19 ini banyak pasien yang mengalami penurunan saturasi oksigen  hingga dibawah 95 prosen sehingga mereka kesulitan bernafas. 

Terkait hal itulah Kementerian Kesehatan memberikan alternatif meningkatkan saturasi oksigen dengan teknik proning.

Dalam akun resmi Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes), 21 Juli 2021 lalu, menjelaskan cara agar saturasi oksigen bisa kembali normal khususnya untuk pasien Covid-19 sebagai berikut. 

Proning dilaksanakan oleh pasien yang mengalami sesak nafas dengan cara memposisikan tubuh secara tengkurap untuk melakukan oksigenasi. Selama melakukan teknik berikut, usahakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. 

  1. Pertama, berbaring tengkurap di atas alas. Pastikan menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  2. Pada posisi kedua, berbaring menyamping. Pastikan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan dijepit di antara kedua kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  3. Selanjutnya, duduk dengan kaki selonjor lurus ke depan dan badan menempel dinding. Gunakan penyangga bantal dalam posisi duduk. Sama seperti dua posisi sebelumnya, lakukan ini selama 30 menit.

Namun perlu diperhatikan jika teknik tersebut sudah sering dilakukan, namun belum bisa meningkatkan saturasi, maka segera bawa pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan setempat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari tim medis. 

 

Editor: Susanto

Tags

Terkini

X