Halo Guys, Ayo Kenali Tanda-tanda Cybersickness atau Mabuk Siber

- Senin, 5 September 2022 | 09:22 WIB
FOTO ILUSTRASI penggunaan perangkat elektronik dengan frekuensi tinggi bisa menyebabkan mabuk siber (SM Banyumas/Dok) (StartupStockPhotos)
FOTO ILUSTRASI penggunaan perangkat elektronik dengan frekuensi tinggi bisa menyebabkan mabuk siber (SM Banyumas/Dok) (StartupStockPhotos)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Aktivitas sehari-hati yang tak lepas dari ponsel pintar, laptop dan lainnya tentulah berdampak pada berbagai organ tubuh termasuk adanya gejala mabuk siber atau cybersickness.

Frekuensi tinggi menggunakan layar elektronik dan perangkat elektronik bisa menyebabkan mabuk siber atau sakit kepala dengan disertai disfungsi  vestibular-ocular sebagaimana dijelaskan Seorang ahli neurologi Shae Datta, 

Gejala cybersickness bisa terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu mual, masalah okulomotor, dan disorientasi umum.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Sopir Truk Trailer Kecelakaan Bekasi Jadi Tersangka

Menurut Datta, ada lima tanda yang dapat menunjukkan bahwa penggunaan gawai atau perangkat VR telah membuat seseorang mengalami cybersickness.

Berikut ini adalah kelima tanda tersebut, seperti dilansir Eat This dan PMJ News.

1. Penglihatan Ganda
Terlalu lama menatap layar elektronik atau menggunakan perangkat VR juga bisa memunculkan keluhan penglihatan ganda. Tak jarang, kebiasaan ini juga dapat membuat mata menjadi tegang atau terasa nyeri.

Obat tetes mata untuk mata kering, kompres dingin, mengambil jeda setiap setengah jam, dan menggunakan kacamata penghalau cahaya biru bisa membantu. Keluhan pada mata sebaiknya diperiksakan ke dokter mata, terutama bila gejala tak kunjung membaik.

Baca Juga: Komnas Anti Kekerasan: Ada Pengakuan Putri Candrawathi Lebih Baik Mati

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Eat This, PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X