Ada Eva Centil, Layanan JKN Jadi Lebih Cepat dan Akurat Tanpa Kecurangan

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 21:18 WIB
Pasien melakukan registrasi di RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto. (SM/Puji Purwanto)
Pasien melakukan registrasi di RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto. (SM/Puji Purwanto)

LAYANAN berbasis teknologi informasi terintegrasi di rumah sakit kini terus dikembangkan untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, akurat dan transparan.

Seperti yang diaplikasikan oleh RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah melalui layanan elektronik Eva Centil. Eva Centil merupakan akronim dari Electronic Validation, Cara Cepat dan Akurat Jamin Lancarkan Klaim BPJS.

Sistem berbasis aplikasi ini mengintegrasikan seluruh pelayanan elektronik secara berjenjang, mulai dari pendaftaran, pelayanan rawat jalan dan inap, hingga rekam medis elektronik.

Integrasi layanan berbasis elektronik ini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang efisien dan terpadu bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain itu, dokumen penting data pasien digunakan untuk kepentingan verifikasi berjenjang bagi rumah sakit, serta verifikasi bagi BPJS Kesehatan sebagai verifikator eksternal, sehingga prosesnya lebih cepat, akurat, transparan tanpa ada kecurangan.

Plt Direktur RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto, dr. Untung Gunarto, Sp.S., M.M., FISQua mengatakan, inovasi layanan berbasis teknologi informasi melalui Eva Centil dilatarbelakangi pelayanan dan proses klaim-BPJS Kesehatan rumah sakit belum efisien, belum tepat waktu, dan belum akurat.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Jadi Syarat Haji, Kemenag : Di Banyumas Tak Pengaruhi Pendaftar

Proses verifikasi dokumen data pasien dan rekam medis di masing-masing unit pelayanan yang dilaporkan secara manual membutuhkan waktu lama, sehingga akan memperlambat klaim ke BPJS Kesehatan.

"Setelah diverifikasi di rumah sakit, di BPJS Kesehatan dicek lagi. Kalau sudah cocok dapat diklaim, tapi kalau belum sesuai dikembalikan lagi untuk disesuaikan dengan dokumen di BPJS Kesehatan," kata dr. Untung saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 30 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X