Generasi Muda Perlu Dikenalkan Empon-empon dan Manfaatnya

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:08 WIB
KENALKAN EMPON-EMPON: Dosen UNU Purwokerto mengenalkan empon-empon , pengolahan dan manfaatnya untuk kesehatan kepada siswa  di Purwokerto pekan lalu.(SM Banyumas/Dok)
KENALKAN EMPON-EMPON: Dosen UNU Purwokerto mengenalkan empon-empon , pengolahan dan manfaatnya untuk kesehatan kepada siswa di Purwokerto pekan lalu.(SM Banyumas/Dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- Empon-empon sebagai kearifan lokal untuk kesehatan dan pengobatan masyarakat saat ini belum banyak dikenal jenis dan manfaatnya oleh generasi muda.

Padahal empon-empon hingga jamu tradisional ini terbilang cukup banyak manfaatnya dan bisa menjadi alternatif di samping produk modern yang dijual di pasaran. 

Hal itu disampaikan Indah Sulistiyawati oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto  usai kegiatan pengenalan, pelatihan budidaya, pengolahan empon-empon menjadi jamu tradisional. 

Baca Juga: Fiks! One Piece Film Red, Diputar di Bioskop Indonesia Mulai 21 September 2022

"Saat ini permasalahan utama banyak generasi muda yang belum sepenuhnya mengenal empon-empon serta manfaatnya.

Oleh karenanya kegiatan pelatihan ini dilaksanakan agar generasi muda khususnya siswa dapat mengenal dan membudidayakan empon-empon sebagai bentuk
menjaga kearifan lokal, “ jelasnya.

Dijelaskan Indah, bahan-bahan untuk empon-empon atau jamu tradisional ini ada di sekitar rumah. Bahan-bahan itupun bisa dengan mudah dibudidayakan oleh ibu rumah tangga sekaligus anak-anak dengan media dan lahan terbatas sekalipun. 

Baca Juga: Berlangsung 7,5 Jam, Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Peragakan 78 Adegan

"Kelebihannya aman, murah, mudah dan terjangkau. Apalagi dari berbagai penelitian, kandungan zat yang berguna untuk tubuh dari empon-empon ini juga cukup tinggi. Sekarangpun semakin banyak perusahaan jamu modern mengembangkan ini," ujarnya bersama dengan anggota Tim Pengabdian Masyarakat UNU Purwokerto yang lain yaitu Wahyu Maulana Endris, M.Pd., dan Chamid Sutikno, M.Si. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB

Pemerintah Akan Gratiskan Obat Gangguan Ginjal

Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:16 WIB
X