Ruwatan Pemotongan Rambut Gimbal Jadi Acara Puncak Dieng Culture Festival

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 09:01 WIB
ACARA UTAMA: Ruwat rambut gimbal merupakan salah satu acara utama pada Dieng Culture Festival 2021 yang digelar secara daring dan luring 1-3 November. (SMBanyumas/Castro Suwito)
ACARA UTAMA: Ruwat rambut gimbal merupakan salah satu acara utama pada Dieng Culture Festival 2021 yang digelar secara daring dan luring 1-3 November. (SMBanyumas/Castro Suwito)

BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com- Dieng Culture Festival (DCF) dengan lakon Return of The Light bakal digelar 2-4 September 2022 mendatang dengan acara yang paling dinanti adalah ruwatan pemotongan rambut gimbal.

Biasanya ruwatan pemotongan rambut gimbal sebagai puncak acara DCF ini.

Selain Jamasan atau pemotongan Rambut Gimbal, acara ini akan diisi dengan serangkaian acara Aksi Dieng Bersih, Pentas Kesenian, Jazz Atas Awan, Festival Kopi Dieng, Kirab Budaya, hingga Penerbangan Lampion.

Bocah berambut Gimbal sendiri merupakan sebuah fenomena unik yang sudah ada di Dieng sedari dahulu kala, dimana anak-anak tertentu yang berusia antara 40 hari hingga 6 tahun tumbuh rambut gimbal di kepalanya secara alami.

Sebagaimana diketahui, ruwatan merupakan prosesi penyucian yang sudah sangat lekat dengan kebudayaan dan adat di Jawa.

Baca Juga: Ayah Brigadir J Sayangkan Pengacara Tak Boleh Saksikan Rekonstruksi

Ruwatan Bocah Rambut Gimbal kurang lebih memiliki maksud yang sama, yakni suatu upacara atau ritual yang bertujuan untuk mengusir nasib buruk atau kesialan baik pada si bocah Gimbal maupun masyarakat Dieng pada umumnya.

Dikutip daril laman visit.banjarnegarakab.go.id, masyarakat Dataran Tinggi Dieng percaya bahwa anak-anak berambut Gimbal tersebut merupakan titipan dari Kyai Kolo Dete.

Kyai Kolo Dete merupakan salah seorang Pejabat / Punggawa di masa Mataram Islam (pada masa abad ke empat belas) yang ditugaskan untuk mempersiapkan pemerintahan di wilayah Dataran Tinggi Dieng.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: banjarnegarakab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2023, Agenda Wisata Banyumas Hanya Sampai September

Rabu, 19 Oktober 2022 | 22:10 WIB

Ribuan Lampion Hiasi Langit Malam Dieng

Sabtu, 3 September 2022 | 10:02 WIB
X