Apa itu Dieng Culture Festival dan Sejarah Awal Mulanya, Berikut Penjelasannya

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:46 WIB
RUWAT RAMBUT GIMBAL: Upacara ruwat anak rambut gimbal dimulai oleh sesepuh adat Dieng, Mbah Sumanto pada puncak acara Dieng Culture Festival yang digelar secara hybrid di Kompleks Pendopo Budaya Dieng, Selasa, 2 November 2021. (SMBanyumas/Castro Suwito)
RUWAT RAMBUT GIMBAL: Upacara ruwat anak rambut gimbal dimulai oleh sesepuh adat Dieng, Mbah Sumanto pada puncak acara Dieng Culture Festival yang digelar secara hybrid di Kompleks Pendopo Budaya Dieng, Selasa, 2 November 2021. (SMBanyumas/Castro Suwito)

BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com- Perhelatan kolosal Dieng Culture Festival (DCF) atau Festival Dieng 2022 bakal digelar lagi tahun ini 2-4 September 2022 pasca pandemi mendera dua tahun lebih. 

Meski demikian perlu diketahui sejarah awal mula prosesi kolosal yang dimulai dari pemotongan atau acara tradisi atau ritual potong rambut gimbal dari anak-anak di Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah ini. 

Dieng Culture Festival memiliki acara ruwatan pemotongan rambut gimbal sebagai puncak acara. Ruwatan merupakan prosesi penyucian yang sudah sangat lekat dengan kebudayaan dan adat di Jawa.

Baca Juga: Dari Denny Caknan hingga Caknun Serta Artis Ibukota Lainnya Bakal Meriahkan Dieng Culture Festival 2022

Ruwatan Bocah Rambut Gimbal kurang lebih memiliki maksud yang sama, yakni suatu upacara atau ritual yang bertujuan untuk mengusir nasib buruk atau kesialan baik pada si bocah Gimbal maupun masyarakat Dieng pada umumnya.

Bocah berambut Gimbal sendiri merupakan sebuah fenomena unik yang sudah ada di Dieng sedari dahulu kala, dimana anak-anak tertentu yang berusia antara 40 hari hingga 6 tahun tumbuh rambut gimbal di kepalanya secara alami.

Seperti diketahui, tak berbeda jauh dari sebelumnya, acara ini akan diisi dengan serangkaian acara Aksi Dieng Bersih, Pentas Kesenian, Jazz Atas Awan, Festival Kopi Dieng, Kirab Budaya, Jamasan Anak Rambut Gimbal, hingga Penerbangan Lampion.

Baca Juga: Suhu Saat Dieng Culture Festival 2022 di Bawah 10 Derajat Celcius, Ini yang Harus Dipersiapkan Wisatawan

Deretan artis mulai dari  Marcell Siahaan, Denny Caknan, Andien, Budi Doremi, Souljah, dan Stars Rabbit akan tampil di Jazz Atas Awan di Dieng Culture Festival 2022 dengan lakon Return of the Light pada 2 dan 3 September. 

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: banjarnegarakab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2023, Agenda Wisata Banyumas Hanya Sampai September

Rabu, 19 Oktober 2022 | 22:10 WIB

Ribuan Lampion Hiasi Langit Malam Dieng

Sabtu, 3 September 2022 | 10:02 WIB
X