11 Jolen Dilarung, Dalam Festival Nelayan Cilacap 2022

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:11 WIB
PESERTA  membawa jolen  untuk dilarung ke laut, saat prosesi sedekah laut, dalam Festival Nelayan Cilacap 2022 yang digelar di Pantai Teluk Penyu, Jumat 12 Agustus 2022.(SM Banyumas/Gayhul Dhika Wicaksana)
PESERTA membawa jolen untuk dilarung ke laut, saat prosesi sedekah laut, dalam Festival Nelayan Cilacap 2022 yang digelar di Pantai Teluk Penyu, Jumat 12 Agustus 2022.(SM Banyumas/Gayhul Dhika Wicaksana)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Sebanyak 11 jolen dilarung ke laut, saat prosesi sedekah laut, dalam Festival Nelayan Cilacap 2022 yang digelar di Pantai Teluk Penyu, Jumat 12 Agustus 2022.

Ribuan warga memadati lokasi, untuk menyaksikan prosesi tersebut.

Rangkaian kegiatan Festival Nelayan dimulai sejak Kamis pagi, diawali ziarah ke Karang Bandung di Pulau Majethi, Nusakambangan oleh para sesepuh nelayan.

Agenda kemudian berlanjut pada malam tirakatan, dan pada Jumat Kliwon 12 Agustus 2022 digelar kirab jolen dari Pendopo Wijayakusuma menuju Pantai Teluk Penyu, untuk kemudian dilarung ke tengah laut.

Baca Juga: Ronny Talapessy Siapkan Strategi Pembelaan Maksimal untuk Bharada E

Sebelum dilarung, jolen diarak melintasi Jalan A Yani – Jalan Sutoyo – Brug Menceng kemudian menuju Jalan laut ke arah Teluk Penyu. Menurut Wakil Ketua 1 DPC HNSI Cilacap Pardjo Hadi Pranoto di wilayah kota Cilacap ada delapan kelompok nelayan yang melarung jolen, yaitu kelompok nelayan Pandanarang, Lengkong, Kemiren, Tegal Katilayu, PPSC, Sentolo Kawat, Sidakaya, dan Bengawan Donan. Selain berasal dari kelompok nelayan Cilacap, juga ada jolen dari bupati, HNSI, dan satu jolen dari PT Alam Lintas Indonesia.

"Jolen yang dilarung ke laut pertama jolen tunggul beliau Pak Bupati yang membuat, selanjutnya joleh dari HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) dan kelompok nelayan," tuturnya.

Jolen tersebut berisi aneka sesaji berupa makanan, serta kepala hewan seperti sapi. Menurutnya prosesi itu merupakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Alloh Subhanahu Wataala.

Baca Juga: Ini Profil Ronny Talapessy Pengacara Baru Bharada E, Pengganti Deolipa dan Burhanuddin

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Lampion Hiasi Langit Malam Dieng

Sabtu, 3 September 2022 | 10:02 WIB
X