Wahai Orang Tua dan Anak Muda, Ini Lima Bahaya Bermain HP Sebelum Tidur

- Jumat, 1 Juli 2022 | 11:09 WIB
ILUSTRASI anak muda menggunakan HP menjelang tidur (SM Banyumas/Dok pexel)
ILUSTRASI anak muda menggunakan HP menjelang tidur (SM Banyumas/Dok pexel)

Suaramerdeka-banyumas.com- Bermain HP atau gadget menjelang tidur berisiko pada kesehatan fisik dan mental. Untuk itulah anak-anak dan juga orang dewasa hendaknya mengetahui bahaya bermain HP menjelang waktu tidur

Meskipun dampaknya tak dapat dirasakan langsung, namun kebiasaan bermain HP atau gadget jelang tidur untuk mencari informasi hingga bermain game, bisa berdampak pada kualitas tidur dan masalah kesehatan lainnya. 

Berikut ini lima bahaya dan dampak bermain HP jelang tidur yang perlu anda ketahui yang dikutip Suara Merdeka Banyumas dari berbagai sumber: 

1. Menurunkan Kesehatan Mata
Main handphone dalam jangka waktu yang lama berpotensi tinggi mengganggu indra penglihatan. Hal ini dikarenakan pancaran sinar biru dari layar handphone yang dapat menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi macular.

Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan. Meski penelitian belum memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari handphone untuk menyebabkan kerusakan pada mata, namun Anda tetap dianjurkan untuk membatasi penggunaan HP.

2. Membuat Otak Lelah
Bahaya main HP sebelum tidur selanjutnya juga dapat membuat otak mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

3. Penyebab Obesitas
Bahaya main HP sebelum tidur yang jarang diketahui selanjutnya ialah kekurangan waktu tidur. Kondisi ini secara tidak langsung dapat memicu rasa lapar.

Hal ini disebabkan hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam. Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

4. Menyebabkan Insomnia
Dampak bahaya main HP sebelum tidur pertama adalah bisa menjadi penyebab insomnia. Insomnia sendiri merupakan gangguan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hewan Kurban Sehat Bisa Dibuktikan Dengan SKKH

Jumat, 17 Juni 2022 | 14:48 WIB

Purbalingga Targetkan Eliminasi TBC Tahun 2028

Selasa, 7 Juni 2022 | 23:46 WIB
X