Kenaikan Tiket Borobudur Dibatalkan, Wisatawan Masih Belum Diperkenankan Naik

- Senin, 20 Juni 2022 | 13:39 WIB
PEMERINTAH batal menaikan tarif masuk Borobudur (SM Banyumas/Dok Pixabay)
PEMERINTAH batal menaikan tarif masuk Borobudur (SM Banyumas/Dok Pixabay)

MAGELANG, suaramerdeka-banyumas.com- Meski kenaikan tarif Candi Borobudur dibatalkan, namun hingga saat ini wisatawan belum diperkenankan naik.

Hal ini merupakan kebijakan yang ditetapkan sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, bangunan Candi Borobudur masih tertutup untuk masyarakat umum.

Hingga saat ini, para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Candi Brobudur, belum diperbolehkan naik ke bangunan candi. Mereka hanya diperkenankan untuk berkunjung sampai pelataran.

Baca Juga: Habib Luthfi bin Yahya Ziarahi Makam Eril, Ridwan Kamil: Alhamdulillah

Hal itu disampaika Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur & Manohara Pujo Suwarno menanggapi pembatalan kenaikan tarif Borobudur.

Pujo mengatakan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko selaku pengelola objek wisata Candi Borobudur menunggu standar operasional prosedur (SOP) dari Balai Konservasi Borobudur.

SOP tiket wisatawan yang akan naik ke bangunan candi, hingga saat ini masih dijadwalkan untuk dibahas bersama-sama, antara PT TWC dengan Dirjen Kebudayaan.

Baca Juga: Ini Daftar Juara Lomba Administrasi dan Kebersihan Masjid PC LTMNU Banyumas

Menurut Pujo, dengan pembatalan rencana pemberlakuan tiket naik ke bangunan Candi Borobudur sebesar Rp750.000 bagi wisatawan domestik dan 100 dolar AS bagi wisatawan asing pada Selasa 14 Juni 2022 lalu, maka harga tiket masuk ke Taman Wisata Candi Borobudur tetap seperti semula. Yakni Rp50.000 ribu per orang bagi wisatawan nusantara dewasa/umum, dan pelajar Rp25.000 per orang.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2023, Agenda Wisata Banyumas Hanya Sampai September

Rabu, 19 Oktober 2022 | 22:10 WIB

Ribuan Lampion Hiasi Langit Malam Dieng

Sabtu, 3 September 2022 | 10:02 WIB
X