Purbalingga Targetkan Eliminasi TBC Tahun 2028

- Selasa, 7 Juni 2022 | 23:46 WIB
 Waspada! Berikut 4 Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit TBC
Waspada! Berikut 4 Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit TBC

Purbalingga, suaramerdeka-banyumas.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga menargetkan bisa eliminasi penyakit tuberkolusis (TBC/TB) di tahun 2028.

Hal itu guna menyukseskan target pemerintah pusat sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 67 tahun 2021 tentang percepatan eliminasi TBC tahun 2030 yakni 65 kasus per 100.000 penduduk.

Sekdinkes Purbalingga, dr Teguh Wibowo menyampaikannya pada rapat koordinasi lintas sektoral program penanggulangan penyakit tuberkulosis (TBC/ TB), Selasa 7 Juni 2022 di Aula Gedung PPNI Jatisaba Purbalingga.

Baca Juga: Awali Rangkaian Hari Bhayangkara ke-76, Polres Purbalingga Gelar Donor Darah

Dia menyampaikan bahwa pihaknya mempunyai inovasi Gempur Toss TB (Gerakan Membara Purbalingga Temukan Obati Sampai Sembuh TB) untuk melakukan investigasi ke desa, sekolah, dan pondok pesantren di Purbalingga.

Selain itu, Dinkes Purbalingga juga akan menginisiasi desa peduli TB yang saat ini sudah ada 3 desa.

Menurut data dari Dinkes Purbalingga pada Mei 2022 ditemukan 422 kasus TBC dan 9 di antaranya menderita TBC Multi Drug Resistant (MDR) atau kebal obat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengobatan yang sudah dilakukan mencapai 87%.

Baca Juga: Warga Karangtengah Diajak Kunjungi WKP Patuha Bandung

"Untuk kasus TBC MDR saat ini menjadi perhatian kusus pemerintah, hal ini karena masa penyembuhannya membutuhkan waktu yang lebih lama," katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini sudah ada alat TCM (Tes Cepat Molekuler) untuk mendeteksi TBC lebih dini.

Alat tersebut sudah tersedia 2 unit di RSUD Goeteng Taroenadibrata, dan masing-masing 1 unit di Puskesmas Kaligondang, Mrebet, Karanganyar dan Kutasari.

Baca Juga: Asyik Pesta Sabu di Rumah Kontrakan, Empat Pria Ditangkap

"Kami sangat menyadari bahwa masalah kesehatan itu tidak mungkin akan terselesaikan oleh insan kesehatan, sehingga kami butuh dukungan butuh gandeng tangan OPD terkait dalam rangka pembangunan kesehatan di Kabupaten Purbalingga pada khususnya, " ujarnya.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Langkah Mencegah Penyakit Demam Berdarah Dengue

Selasa, 14 Maret 2023 | 17:11 WIB

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB
X