Garap Sendratari Ksatria Singadipa, Rianto: Memaknai Semangat Juang Sang Panglima

- Senin, 30 Mei 2022 | 18:54 WIB
BERLATIH: Para penari berlatih untuk menyiapkan pentas Sendratari Ksatria Singadipa yang akan digelar 1 Juni 2022 di Ampiteater Taman Sari, komplek Pendapa Yudhanegara, Kota Lama Banyumas.  (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
BERLATIH: Para penari berlatih untuk menyiapkan pentas Sendratari Ksatria Singadipa yang akan digelar 1 Juni 2022 di Ampiteater Taman Sari, komplek Pendapa Yudhanegara, Kota Lama Banyumas. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Sebanyak 25 orang penari akan menampilkan sendratari "Ksatria Singadipa", karya koreografer tari, Rianto, di Ampiteater Taman Sari, komplek Pendapa Yudhanegara, Kota Lama Banyumas, Rabu 1 Juni 2022, pukul 15.00 sore.

Para penari merupakan peserta audisi yang digelar Rumah Lengger bersama Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas pada pertengahan Mei 2022 lalu.

Peserta yang lolos seleksi cukup beragam. Paling muda masih duduk di kelas 1 Sekolah Dasar, dan paling jauh berasal dari Aceh.

Baca Juga: Resolusi Tahun 2022 ala Koreografer Tari Rianto: Seniman Harus Makin Cerdik Beradaptasi dengan Pandemi

"Para penari ini akan membawakan karya saya berjudul Ksatria Singadipa," kata Rianto, ditemui usai latihan, Senin, 30 Mei 2022.

Dia menuturkan, sendratari ini menggambarkan penjiwaan dan semangat dari sosok Singadipa saat melawan penjajah Belanda.

Adapun Singadipa adalah panglima angkatan perang Pangeran Diponegoro yang berkududukan di wilayah Banyumas saat Perang Jawa (1825-1830).

"Tarian ini menggambarkan spirit dari Singadipa yang gagah berani melawan kekejaman, bijak dan memiliki jiwa besar sebagai pemimpin, mampu menengahi pihak-pihak yang berbeda pendapat," tuturnya.

Baca Juga: Lestarikan dan Kembangkan Seni Budaya, Unsoed Akan Membuka Prodi Karawitan, Tari dan Pedalangan

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rianto: Tari adalah Bahasa Tubuh

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:21 WIB
X