Kemenkes Beberkan Proses Penularan Cacar Monyek, Ini Penjelasannya

- Rabu, 25 Mei 2022 | 17:08 WIB
Ilustrasi - Eropa saat ini tengah dihebohkan dengan wabah penyakit langka yang disebut cacar monyet. Telah menyebar di Spanyol, Inggris, dan Portugal. /Pixabay/baeda.
Ilustrasi - Eropa saat ini tengah dihebohkan dengan wabah penyakit langka yang disebut cacar monyet. Telah menyebar di Spanyol, Inggris, dan Portugal. /Pixabay/baeda.

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Kementerian Kesehatan menjelaskan cacar monyet atau monkeypox disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis.

Virus Ini pertama kali ditemukan pada monyet di tahun 1958 dan kasus pertama pada manusia (anak-anak) terjadi pada tahun 1970.

Jubir Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan penyakit itu dapat menular melalui kontak erat dengan hewan, manusia atau benda yang terkontaminasi virus monkeypox.

Baca Juga: Gegara Nyolong Mentok, Seorang Kakek Di Purbalingga Tewas Dihakimi Warga

"Penularan dapat melalui darah, air liur, cairan tubuh, lesi kulit atau cairan pada cacar. Kemudian droplet pernapasan," tuturnya. 

Menurut Syahril, masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari. Namun, dapat mencapai 5 sampai 21 hari.

Fase Cacar Monyet

Fase awal gejala yang terjadi pada 1 sampai 3 hari yaitu demam tinggi, sakit kepala hebat, limfadenopati atau pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas.

Baca Juga: Tipu-Tipu Investasi Sampai Rp 180 Juta, Warga Tangerang Diamankan Polres Purbalingga

Pada fase erupsi atau fase paling infeksius terjadinya ruam atau lesi pada kulit biasanya dimulai dari wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Secara bertahap mulai dari bintik merah seperti cacar makulopapula, lepuh berisi cairan bening (blister), lepuh berisi nanah (pustule), lalu mengeras atau keropeng lalu rontok.

"Biasanya diperlukan waktu hingga 3 minggu sampai periode lesi tersebut menghilang dan rontok," ujar Syahril.***

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Langkah Mencegah Penyakit Demam Berdarah Dengue

Selasa, 14 Maret 2023 | 17:11 WIB

Catat, Ini Info Penting Buat Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:15 WIB
X