Lengger Masih Jadi Favorit Dalam Peken Banyumasan

- Senin, 18 April 2022 | 10:28 WIB
:LENGGER: Penampilan lengger Banyumasan dari Rumah Lengger dalam acara Peken Banyumasan ketiga di kawasan Pendopo Duplikat Si Panji, Kota Lama Banyumas.(SM Banyumas/Safira Nonik Alsyanda)
:LENGGER: Penampilan lengger Banyumasan dari Rumah Lengger dalam acara Peken Banyumasan ketiga di kawasan Pendopo Duplikat Si Panji, Kota Lama Banyumas.(SM Banyumas/Safira Nonik Alsyanda)


BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Pemerintah Kecamatan Banyumas bekerja sama dengan ITTP sukses menggelar Peken Banyumasan yang ketiga, Sabtu 16 April 2022.

Ada banyak experience spot dalam acara yang digelar setiap dua minggu sekali ini.

Di Peken Banyumasan Mrapat 3 ini ada culture show (tari lengger, tari ebeg, jemparingan), Banyumasan Coffee Connection (mengumpulkan pelaku usaha kopi dari Purbalingga, Cilacap, Banyumas dan sekitarnya),  BYOB / Bring Your Own Banyumasan (diskusi melingkar antarkomunitas), Live Lukis oleh Ikatan pelukis Banyumas dan local market, ada 20 stand UMKM Banyumasan dalam Peken kali ini.

Baca Juga: Surat PPDI Diharapkan Ketuk Hati Presiden Jokowi, PPDI Banyumas Siap ke Jakarta Sampaikan Aspirasi

Meski ada banyak perbedaan dan inovasi dari Peken Banyumasan sebelumnya. Ketua Panitia, Gilang Ramadhan mengungkapkan culture show (lengger) masih menjadi favorit pengunjung Peken Banyumasan.

"Culture selalu kami tampilkan, lengger selalu, untuk kali ini ada tarian ebeg ya. Lengger selalu dicari, masih jadi favorit dan kekuatan Peken Banyumasan," ujar Gilang.

Pada Peken Banyumasan kali ini, Rumah Lengger menampilkan Lengger Selikur, 21 penari lengger yang terdiri dari lengger lanang dan wadon.

Baca Juga: Tak Diapresiasi Saat Tangani Covid-19 hingga Tak Dapat THR dan Gaji ke-13, PPDI Surati Presiden Jokowi

Bupati Banyumas, Achmad Husein yang sempat mampir ke acara ini pun tak ketinggalan untuk nari lengger bersama para penari.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan harapannya untuk Peken Banyumasan ini dapat membangkitkan semangat seniman Banyumasan dan dapat menjadi tempat menampilkan karya para seniman.

"Saya minta, seniman jadi bangkit, bisa menunjukkan prestasi dan hasil karyanya, jadi Banyumas ini tidak lesu. Ya seperti ini (acara Peken Banyumas) yang saya harapkan. Apa saja yang ditelateni ya akan kembali ke kita sendiri," tutur Husein.

Baca Juga: Tips Menulis Triyanto Triwikromo, Membaca Itu Langkah Awal untuk Menulis, Selanjutnya Adalah...

Pemerintah Kecamatan Banyumas dan Panitia Peken Banyumas pun memiliki harapan senada, yakni meramaikan Kota Lama Banyumas dan mengajak generasi muda untuk memjaukan kebudayaan lokal.

"Peken Banyumasan Mengajak generasi muda memajukan kebudayaan lokal Banyumasan, yang terpenting tidak melupakan asal/akarnya. Meramaikan Kota Lama Banyumas," pungkas Gilang.

Rencananya, Peken Banyumasan keempat akan dilaksanakan pada 14 Mei 2022 mendatang. (MG01/Safira Nonik Alsyanda)

 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Agenda Wisata Banyumas Masih Libur, Sabar ya...

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:37 WIB

Museum Wayang Didorong Menjadi Museum Daerah

Rabu, 8 Juni 2022 | 06:57 WIB
X