Dieng Jadi Magnet Wisatawan Libur Natal, Angka Kunjungan Capai 13.966 Orang

- Senin, 27 Desember 2021 | 06:33 WIB
KAWAH SIKIDANG: Sejumlah wisatawan menikmati panorama di sekitar Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara pada libur Natal, Minggu (26/12/2021). (SM/Castro Suwito_
KAWAH SIKIDANG: Sejumlah wisatawan menikmati panorama di sekitar Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara pada libur Natal, Minggu (26/12/2021). (SM/Castro Suwito_
 
 
BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com- Kawasan objek wisata Dieng Banjarnegara menjadi magnet wisatawan kala libur Natal. Kunjungan wisatawan pada Sabtu-Minggu 25-26 Desember 2021 kunjungan wisatawan mencapai 13.966 wisatawan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, objek wisata Dieng masih menjadi incaran bagi wisatawan.

Pada libur Natal kali ini, kunjungan wisatawan terpantau meningkat dibandingkan kunjungan harian.

Baca Juga: Nyala Lentera Ilmu dari Lereng Gunung Slamet

“Pada Sabtu 25 Desember, jumlah wisatawan mencapai 7.000 orang, dan Minggu 26 Desember sebanyak 6.966 wisatawan” katanya, Minggu 26 Desember 2021.

Di masa pandemi Covid-19 ini, lanjut Agung, pihaknya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Dinparbud bersama Satgas Covid-19 yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Polres, Kodim, Satpol PP, dan Dishub, dibantu personel Dinparbud Banjarnegara mengendalikan kunjungan wisatawan.
 
“Wisatawan harus sudah divaksinasi, minimal dosis pertama dibuktikan dengan apikasi PeduliLindingi atau kartu vaksin,” jelasnya.
 
 
Dikatakan, pihaknya terpaksa melakukan cek status vaksinasi dengan manual karena lehanya sinyal seluler untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi.
 
Untuk wisatawan yang datang berombongan, dilakukan pemeriksaan suhu badan terlebih dahulu. Setelah itu, baru ada satu perwakilan yang membeli tiket, sehingga tidak terjadi kerumunan di antrean tiket. 

Terkait kapasitas wisatawan di kawasan objek wisata zona 1 yakni kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, kapasitas wisatawan sangat diperhatikan.

Baca Juga: Kurang Dari 12 Jam, Pencuri Mobil di Patikraja Ditangkap Polisi

Di masa pandemi ini, jumlah wisatawan di dalam objek dibatasi hanya 50 persen saja.

“Jadi, kalau di dalam objek sudah maksimal, Satgas  menutup akses di pertigaan Candi Bima,” paparnya.

Kepala UPT Objek Wisata Dieng Sri Utami menambahkan, selain proses buka tutup lalu lintas, pihaknya juga melakukan beberapa kali sterilisasi di dalam objek. Penjualan tiket beberapa kali dihentikan  karena  kapasitas 50 persen di dalam objek sudah terpenuhi.

“Kalau penumpukan wisatawan tidak ada, karena wisatawan juga tersebar di seluruh objek di Dieng, seperti Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka dan lainnya,” terangnya. ***

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X