Mulai Diuji Coba, Bus Wisata Gratis Ini Siap Antar Wisatawan ke Baturraden dan Kota Lama Banyumas

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:52 WIB
UJI COBA: Pemkab Banyumas menguji coba bus wisata yang melayani trayek Baturraden - Banyumas di Pendapa Si Panji Purwokerto, Sabtu, 16 Oktober 2021. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
UJI COBA: Pemkab Banyumas menguji coba bus wisata yang melayani trayek Baturraden - Banyumas di Pendapa Si Panji Purwokerto, Sabtu, 16 Oktober 2021. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mulai menguji coba bus wisata yang akan mengantar wisatawan dengan tujuan Baturraden ke Kota Lama Banyumas serta dari Kota Lama Banyumas ke Baturraden.

Penumpang yang ingin menaiki angkutan wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan, saat ini baru tersedia 4 armada bus, dan 1 unit bus sebagai cadangan.

"Bus gratis akan beroperasi setiap hari libur Sabtu dan Minggu. Untuk tanggal merah atau hari libur, masih dalam pembahasan karena anggaran yang disiapkan hanya untuk akhir pekan saja. Kalau peminatnya banyak bisa ditambah," katanya saat persiapan uji coba bus wisata, di komplek Pendapa Si Panji Purwokerto, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Baca Juga: Momen Lucu Sandiaga Uno Saat Kunjungi Desa Wisata Cikakak, Naik Odong-odong hingga Memperingatkan Kera

Pada uji coba tersebut, bus wisata ini memiliki rute ke sejumlah destinasi wisata, seperti Lokawisata Baturraden-Taman Mas Kumambang, Alun-alun Purwokerto-Museum BRI-Tugu Gada Rujapolo, Underpas JB Soedirman-Monumen Pangsar Soedirman-Desa Papringan-Alun-alun Banyumas-Pusat Kuliner Sokaraja lalu kembali ke Pendapa Si Panji.

"Di (Kota Lama) Banyumas kan nanti bisa berkunjung ke Museum Wayang, Taman Sari dan Rumah Lengger," jelasnya.

Dia mengatakan, biaya operasional angkutan wisata ini ditanggung oleh APBD Banyumas, terutama biaya bahan bakar serta honor pengemudi.

Oleh karena itu, wisatawan dapat menikmati fasilitas tersebut secara gratis.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X