Museum Soesilo Soedarman Serahkan Koleksi Foto Bersejarah Peresmian GOR Unsoed

- Sabtu, 25 September 2021 | 20:02 WIB
SERAHKAN FOTO: (dari kiri) Direktur Yayasan Museum Soesilo Soedarman (MSS) Ungky Apolli Purini, Dewan Kurator MSS Dwisuryo Indroyono Soesilo menyerahkan foto bersejarah kepada Rektor Unsoed, Suwarto di Taman Agrowisata Soesilo Soedarman, Sabtu 25 September 2021.  (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
SERAHKAN FOTO: (dari kiri) Direktur Yayasan Museum Soesilo Soedarman (MSS) Ungky Apolli Purini, Dewan Kurator MSS Dwisuryo Indroyono Soesilo menyerahkan foto bersejarah kepada Rektor Unsoed, Suwarto di Taman Agrowisata Soesilo Soedarman, Sabtu 25 September 2021. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Pengelola Museum Soesilo Soedarman, Cilacap, menyerahkan koleksi foto bersejarah peresmian Gelanggang Olah Raga (GOR) Soesilo Soedarman Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Sabtu, 25 September 2021.

Dua foto tersebut diserahkan Kurator Museum Soesilo Soedarman, Dwisuryo Indroyono Soesilo kepada langsung oleh Rektor Unsoed, Suwarto di Taman Agrowisata Soesilo Soedirman.

"Kami berterima kasih kepada Unsoed karena fasilitas ini dinamakan GOR Soesilo Soedarman. Memang almarhum (Soesilo Soedarman) sangat mencintai kampus ini. Waktu itu juga, track atletik dibangun atas saran dari beliau, semasa menjabat sebagai Menkopolkam (1993-1998)," ujar Indroyono, saat penyerahan foto.

Indroyono mengatakan, foto yang diserahkan merupakan dokumen peristiwa penting saat peresmian GOR tersebut pada 24 Januari 2000 oleh Mantan Rektor almarhum Prof Rubijanto Misman.

Baca Juga: Abadikan Jasa Mantan Rektor Unsoed, Jalan Kampus Akan Diubah Menjadi Jalan Prof Rubijanto Misman

Foto kedua, yaitu momentum Soesilo Soedarman yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Kabinet Pembangunan V (1988-1993) berkunjung ke Unsoed dan diterima oleh mantan Rektor (alm) Roedhiro.

Sebagai informasi, dua foto bersejarah itu akan dipasang di museum mini yang berada di dalam komplek GOR Soesilo Soedarman.

Indroyono juga mengagumi sebuah tank AMX-13 buatan Perancis yang terpajang pada taman di halaman depan fasilitas olahraga ini.

Dia menyarankan, pihak Unsoed untuk memasang informasi sejarah terkait keberadaan kendaraan perang ini.

Baca Juga: Kota Lama Banyumas Berpotensi Menjadi Kota Pusaka, Ini Alasannya

"Tank ini dibuat 1961 dan disiapkan untuk Operasi Trikora, pembebasan Irian Barat. Almarhum Soesilo Soedarman adalah Komandan Kavaleri. Korps yang mengoperasikan tank-tank ini. Jadi ini pas sekali diabadikan di GOR ini," jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unsoed, Suwarto mengatakan, dokumen yang diberikan oleh Museum Soesilo Soedarman akan bermanfaat untuk mengenang perjuangan almarhum untuk Indonesia serta kepedulian terhadap kampus.

"Insyaallah bermanfaat bagi kampus dan masyarakat sekitar," kata dia.

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Healing Terbaik yang Islami: Kembali ke Nabi Muhammad

Selasa, 7 Februari 2023 | 15:00 WIB

Cukai Rokok Naik, Tembakau Tingwe Dilirik

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:59 WIB
X