Januari Hingga September, PMI Banyumas Dapat 3.167 Kantong Plasma Konvalesen

- Sabtu, 18 September 2021 | 18:50 WIB
DONOR DARAH HUT PMI : Para pendonor sukarela mendonorkan darahnya di UDD PMI Banyumas, saat HUT ke-76 PMI Jumat, 17 September 2021. (SMBanyumas/Sigit Oediarto)
DONOR DARAH HUT PMI : Para pendonor sukarela mendonorkan darahnya di UDD PMI Banyumas, saat HUT ke-76 PMI Jumat, 17 September 2021. (SMBanyumas/Sigit Oediarto)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Dalam kurun Januari sampai dengan pertengahan September 2021, sebanyak 972 orang penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma konvalesen (PK) di PMI Banyumas.

Dari jumlah tersebut, PMI Banyumas bisa mendapat 3.167 kantong PK.

Ketua PMI Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi dokter Ivone Rusyandari dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Banyumas mengatakan saat ini PMI Banyumas masih melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan PK-nya.

"Saya juga akan mendonorkan plasma konvalesennya. Saya juga penyintas Covid-19, lulusan Covid-19. Hanya masih menunggu waktu diperbolehkan karena setelah sembuh dari Covid-19 tidak bisa langsung donor," ungkap Sadewo di sela-sela kegiatan HUT ke-76 PMI tingkat kabupaten yang dilaksanakan di UDD PMI Banyumas, Desa Pekaja, Kecamatan Sokaraja, Banyumas, Jumat, 17 September 2021.

Baca Juga: PMI Banyumas dan Cilacap Dapat Bantuan Konsentrator Oksigen

Menurut Sadewo yang juga Wakil Bupati Banyumas seiring dengan berkurangnya jumlah kasus Covid-19 dan terus bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang sembuh, di UDD PMI Banyumas saat ini memiliki stok plasma konvalesen yang cukup.

Dokter Ivone yang bertanggungjawab menangani donor darah di PMI Banyumas menambahkan meski stok PK tersedia dalam jumlah yang cukup, UDD PMI Banyumas tetap melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesennya.

"Stok plasma konvalesen saat ini tersedia dalam jumlah yang cukup. Pelayanan donor PK tetap dilayani, tetapi kami batasi. Tujuannya supaya tidak berlebihan karena kulkas untuk menyimpan stok PK-nya juga terbatas," terang Ivone.

Sementara untuk donor reguler, kata Ivone, pada periode yang sama (Januari - pertengahan September 2021) PMI Banyumas terkumpul 24.840 kantong darah dari berbagai golongan darah.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas! Generasi Muda Rentan Alami Gangguan Mental

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:55 WIB

Ini Empat Hormon Bahagia dan Cara Meningkatkannya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:06 WIB
X