Objek Wisata di Banyumas Segera Dibuka, Begini Tahapannya

- Kamis, 16 September 2021 | 13:34 WIB
SEPI PENGUNJUNG: Suasana lokawisata Baturaden terlihat lengang dan sepi pengunjung, pada hari pertama uji coba pembukaan lokawisata tersebut, Sabtu (28/8/2021) (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
SEPI PENGUNJUNG: Suasana lokawisata Baturaden terlihat lengang dan sepi pengunjung, pada hari pertama uji coba pembukaan lokawisata tersebut, Sabtu (28/8/2021) (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas mulai memverifikasi sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan (prokes) pada objek wisata yang akan dibuka. 

Pada masa PPKM level 3 ini, hanya objek wisata alam yang diperbolehkan beroperasi dengan pembatasan kapasitas jumlah pengunjung.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, untuk persiapan pembukaan objek wisata, pihaknya meminta dinas terkait untuk membentuk tim khusus yang melakukan verifikasi di lapangan.

Baca Juga: Aplikasi Dolan Banyumas Diluncurkan, Dinporabudpar: Masih Banyak Kekurangan

Pengecekan di antaranya ketersediaan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, tempat pengecekan suhu tubuh, pengaturan jarak pengunjung, tempat antre tiket, hingga alat yang digunakan untuk skrining pengunjung via aplikasi PeduliLindungi.

"Sudah saya tanda tangani dan saya minta langsung dibentuk tim. Kalau (objek wisata) sudah dicek langsung boleh buka. Tentunya ada syarat, kapasitas wisatawan maksimal 30 persen per kunjungan, sama seperti sebelumnya. Prinsipnya sudah saya setujui (buka)," ujarnya, saat dihubungi Kamis, 16 September 2021.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Forkompimda, Rabu, 15 September 2021, sebelum diverifikasi, objek wisata tersebut harus mengajukan izin kepada Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten.

Baca Juga: Horee... Serulingmas Zoo Banjarnegara Mulai Buka 9 September 2021

Untuk proses pengecekan kesiapan prokes dilakukan oleh tim pada Jumat-Minggu, 16-18 September.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengelola Wisata Desa Gencarkan Promosi lewat Medsos

Selasa, 21 September 2021 | 09:30 WIB
X