Aplikasi Dolan Banyumas Diluncurkan, Dinporabudpar: Masih Banyak Kekurangan

- Rabu, 8 September 2021 | 21:39 WIB
Aplikasi Dolan Banyumas yang diluncurkan secara daring, Rabu 8 September 2021. (SMBanyumas/istimewa)
Aplikasi Dolan Banyumas yang diluncurkan secara daring, Rabu 8 September 2021. (SMBanyumas/istimewa)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, meluncurkan aplikasi berbasis telepon pintar, "Dolan Banyumas", secara daring Rabu, 8 September 2021.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Edy Purbowo mengatakan, aplikasi ini berisi informasi pariwisata antara lain destinasi wisata, kuliner, penginapan, pusat oleh-oleh, desa wisata beserta paket wisatanya dan daftar biro perjalanan yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Aplikasi yang berbasis android dapat diunduh melalui Playstore, sehingga wisatawan yang akan berkunjung ke Banyumas dengan mudah mendapatkan informasi terkait pariwisata. Termasuk obyek wisata atau hotel yang terdekat karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur map," jelas Edy saat peluncuran.

Menurutnya, sebelum peluncuran aplikasi Dolan Banyumas, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada perwakilan pelaku wisata di Banyumas seperti PHRI, Pebemas, HPI, Aspikmas, Forum Komunikasi Pokdarwis, pengelola desa wisata dan pengelola obyek wisata.

Baca Juga: Akselerasi Vaksinasi dan Prokes Kunci Pemulihan Sektor Parektraf

Aplikasi tersebut, kata dia, dapat membantu wisatawan menjelajah wilayahnya hanya dengan menggunakan fitur yang tersedia.

Meski begitu, Edy mengakui aplikasi tersebut masih memiliki sejumlah kekurangan.

Oleh karena itu dia akan menambahkan fitur sunting bagi para pengelola objek dan destinasi wisata yang ingin memasukkan data.

"Konten dari aplikasi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Kami mohon maaf jika masih ada yang kurang pas, kami sediakan menu edit dan juknis terkait pelaksanaan editnya. Untuk yang belum masuk, kami siap fasilitasi dan mohon segera berkomunikasi dengan kami," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengelola Wisata Desa Gencarkan Promosi lewat Medsos

Selasa, 21 September 2021 | 09:30 WIB
X