Akselerasi Vaksinasi dan Prokes Kunci Pemulihan Sektor Parektraf

- Rabu, 8 September 2021 | 13:05 WIB
SEMPROT DISINFEKTAN: Petugas Satgas Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan saat simulasi pembukaan objek wisata Dieng sebagai persiapan baru-baru ini. (SMBanyumas/Castro Suwito)
SEMPROT DISINFEKTAN: Petugas Satgas Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan saat simulasi pembukaan objek wisata Dieng sebagai persiapan baru-baru ini. (SMBanyumas/Castro Suwito)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Akselerasi vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan (prokes) dinilai menjadi salah satu kunci memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kunci untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan sekaligus kebangkitan sektor parekraf adalah program vaksinasi dan protokol kesehatan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno seperti dilansir dalam laman kemenparekraf.go.id.

Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan itu saat menghadiri Pekan Orientasi Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP), di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa, 7 September 2021.

Ia mengatakan, vaksinasi dan protokol kesehatan akan terus dilakukan, sehingga ketika saatnya tiba maka siap menyambut wisatawan.

Baca Juga: Objek Wisata Alam Diusulkan Buka Bertahap

Menparekraf tetap optimistis bahwa sektor ini akan pulih.

Walaupun secara global kondisi sektor parekraf sangat terpuruk akibat pandemi.

Terlihat dari data yang dihimpun oleh World Travel & Tourism Council sekitar 174,4 juta pekerja di sektor ini kehilangan pekerjaan sepanjang tahun 2020.

Selain vaksinasi dan protokol kesehatan, Menparekraf juga telah menyiapkan lima langkah strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengelola Wisata Desa Gencarkan Promosi lewat Medsos

Selasa, 21 September 2021 | 09:30 WIB
X