Mengintip Koleksi Unik di Museum Wayang Banyumas, Ada Tokoh Sontoloyo dan Bawor

- Kamis, 16 Maret 2023 | 10:02 WIB
PAMERAN WAYANG: Pengunjung melihat koleksi wayang gagrag Banyumas yang dipamerkan oleh Museum Wayang Banyumas di Taman Rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto, Selasa, 27 Desember 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
PAMERAN WAYANG: Pengunjung melihat koleksi wayang gagrag Banyumas yang dipamerkan oleh Museum Wayang Banyumas di Taman Rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto, Selasa, 27 Desember 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Tidak banyak yang tahu, Bawor, Togog, Sarawita, Sontoloyo adalah nama-nama tokoh wayang yang tersimpang di Museum Wayang Banyumas.

Mereka hanya muncul dalam pagelaran wayang gagrak Banyumas. 

Museum ini merupakan salah satu destinasi yang berada di komplek Bale Adipati Mrapat, kawasan Banyumas Kota Lama.

Pemandu Museum Wayang, Sukrisman Wirya Atmaja mengatakan, museum yang diresmikan pada 31 Desember 1983 ini berawal dari gagasan Komunitas Sendang Mas, yang sedang mencari bentuk dan gaya yang baku dari wayang gagrak Banyumasan.

Baca Juga: Serunya Belajar Bersama di Museum Soegarda Poerbakawatja, Ada Kelas Membatik, Musik Tradisi dan Melukis

Adapun komunitas ini didirikan oleh seniman atau budayawan pada masa itu.

Sekitar tahun 1980-1982, para seniman dan budayawan sepakat untuk membuat wahana bernama Museum Wayang Sendang Banyumas.

Akhirnya, Sekretariat Museum Perwayangan Indonesia (Senawari) meresmikannya pada 31 Desember 1983.

"Penggagas atau pendiri Museum ini yaitu Suparjo Rustam sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 1983, Ki Dalang Sugino Siswocarito, Ki Dalang Sugito Purwocarito, Ki Dalang Nawan, Ki Dalang Tarjono, Susilo Sudarman, Sungging Suharto, dan saya sendiri," kata Sukrisman, Selasa, 14 Maret 2023.

Baca Juga: Info Wisata Purwokerto, Ke Museum Wayang Banyumas, Harga Tiket Masuk Cuma Rp 1.000

Museum ini menyimpan ratusan benda bersejarah, baik koleksi wayang maupun non wayang.

Koleksi wayang di antaranya Wayang Kulit Purwa, Wayang Kulit Beber, Wayang Gedog, Wayang Krucil, Wayang Potehi, Wayang Santri, Wayang Golek, Wayang Suluh, dan Wayang Rumput atau Suket.

Adapun koleksi non wayang yaitu perangkat gamelan, perkakas kuno pembuatan wayang, pusaka, dan benda purbakala. Benda purbakala yang cukup menarik yaitu kacamata kuno, uang logam, batu nisan, dan lain-lain.

Museum Wayang Banyumas ini memiliki keunikan atau ciri khas dibandingkan dengan museum lain, yakni memiliki tokoh-tokoh wayang yang menjadi ikon perwayangan Banyumas.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Borobudur Aman dari Hujan Abu Vulkanik Merapi

Minggu, 12 Maret 2023 | 08:28 WIB

Empat Wisata Alam di Banyumas Menenangkan Pikiran

Selasa, 7 Maret 2023 | 14:10 WIB

2022, Kunjungan Wisata Dieng Capai Angka 2 Juta

Sabtu, 11 Februari 2023 | 07:58 WIB
X