Ingin Terhindar Jeratan Pinjol, Ini Tipsnya ...

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:30 WIB
Waspada pinjaman online ilegal (SMBanyumas/dok)
Waspada pinjaman online ilegal (SMBanyumas/dok)

SEMARANG, suaramerdeka-banyumas.com - Pinjaman online (pinjol) kini merebak di masyarakat. Agar terhindar dari jeratan pinjol, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan DIY memberikan tips dengan memastikan 2L yaitu logis dan legal.

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa mengatakan, masyarakat harus mengidentifikasi apakah penawaran produk yang disampaikan oleh pelaku usaha, masuk akal dan sesuai dengan kebiasaan atau peraturan yang berlaku.

Kemudian mengidentifikasi apakah pelaku usaha dimaksud telah mendapatkan legalitas dari otoritas yang berwenang.

Baca Juga: Tren Pinjaman Online Meningkat, OJK Minta Masyarakat Hati-hati

Ia mengatakan, tips untuk masyarakat yang ingin meminjam secara online :

1. Pinjamlah hanya pada penyelenggara Fintech Peer to Peer Lending yang terdaftar dan berizin dari OJK yang saat ini berjumlah 121 penyelenggaran per 27 Juli 2021. Daftarnya di website ojk.go.id.

2. Pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Jangan meminjam dengan cara gali lobang tutup lobang, karena akan menambah beban pembayaran utang.

3. Sedapat mungkin pinjaman digunakan untuk kebutuhan yang produktif, sehingga memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga.

4. Sebelum meminjam, pahami risiko dan kewajibannya. Jangan menyesal setelah meminjam dan bayarlah sesuai waktu perjanjiannya.

Baca Juga: Investasi Pasar Modal Kian Diminati

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Terkini

Harga Kapulaga Anjlok, Petani Simpan Stok

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:43 WIB

Pelaku UMKM Sangat Terbantu dengan JNE

Rabu, 5 Januari 2022 | 20:59 WIB
X