PPKM Dicabut, Aktivitas Jual Beli di Pasar Wage Purwokerto Masih Lesu

- Selasa, 10 Januari 2023 | 20:13 WIB
BERBELANJA: Sejumlah pembeli berbelanja di komplek Pasar Wage Purwokerto, Senin, 9 Januari 2023. (SMBanyumas/Refi Mariska)
BERBELANJA: Sejumlah pembeli berbelanja di komplek Pasar Wage Purwokerto, Senin, 9 Januari 2023. (SMBanyumas/Refi Mariska)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Kendati pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhir Desember 2022 lalu, aktivitas jual beli pada pasar tradisional di wilayah Purwokerto masih belum pulih.

Hal itu terpantau dari jumlah pengunjung di Pasar Wage. Keramaian seperti sebelum pandemi Covid-19 belum nampak pada salah satu pasar tradisional di Kota Purwokerto ini.

Salah satu pedagang ayam, Qori’ah mengatakan, jumlah pengunjung sempat meningkat pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, sepekan kemudian, kembali sepi pembeli.

Baca Juga: Awal Tahun 2023, Harga Beras di Purwokerto Merangkak Naik

Kondisi ini turut mempengaruhi pendapatan hariannya. Dia mengaku mengalami penurunan penghasilan. "Ada (turun) 50 persen," katanya.

Pedagang lainnya, Ummi mengatakan, setelah libur Nataru usai, pendapatannya turun sebanyak 5 persen.

"Sekitar 5 persen, kalau naik hanya sekitar 12 persen," ujar pedagang bumbu dapur ini.

Baca Juga: Pedagang Pasar Wage Datangi Disperindag, Ada Apa ?

Sementara itu, petugas pemungut retribusi pasar, Rijanto mengatakan, setelah libur Nataru aktivitas jual beli di Pasar Wage kembali sepi, terutama pada hari Jumat dan Minggu.

"Mulai dari hari Senin - Kamis, dan Sabtu, pengunjung mengalami peningkatan. Itu pun dalam jumlah yang sedikit," ujarnya.*** (MG 06)

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Cabai Stabil, Bawang Merah dan Telur Naik

Minggu, 28 Mei 2023 | 17:51 WIB

Pelaku Usaha Disabilitas Dibekali Kewirausahaan

Selasa, 23 Mei 2023 | 16:40 WIB

Semen Bima Bagikan 1000 Paket Sembako

Selasa, 18 April 2023 | 18:58 WIB

Volume Pengiriman Paket Selama Ramadan Meningkat

Selasa, 18 April 2023 | 17:04 WIB
X