Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan, Pedagang Pasar Bukateja Semakin Sejahtera

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:10 WIB
PERLINDUNGAN KERJA - Pedagang Pasar Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Purwati (39) menunjukkan kartu tanda keikutsertaan program perlindungan kecelakaan kerja BPJS Ketenagakerjaan. (   SM Banyumas/ Ryan Rachman )
PERLINDUNGAN KERJA - Pedagang Pasar Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Purwati (39) menunjukkan kartu tanda keikutsertaan program perlindungan kecelakaan kerja BPJS Ketenagakerjaan. (  SM Banyumas/ Ryan Rachman )


SIANG itu, Kamis, 1 Desember 2022, Pasar Bukateja, Kabupaten Purbalingga mulai agak sepi. Kendati demikian, masih ada aktivitas jual beli di pasar terbesar di wilayah kecamatan itu. Beberapa kuli angkut nampak memasukkan barang-barang dagangan ke sejumlah kios.

Ada pula yang tengah menata barang dagangan ke dalam sejumlah kardus dan kantong.

"Ini ada yang kulakan kebutuhan rumah sehari-hari untuk dijual lagi di warung desa. Saat ini saya dan beberapa pedagang di sini juga menerima pesanan dari luar dan kami antar, COD (cash on delivery), barangnya kami antar nanti di sana baru dibayar.

Ya sekarang kami harus memberikan pelayanan seperti itu, kan jadi langganan," kata salah satu pedagang kelontong, Purwati (39).

Baca Juga: Ganjar Yakin Pengangkatan Satu Juta Guru PPPK Tercapai

Setelah barang-barang pesanan di-packing rapi dengan beberapa buah dus, seorang pemuda mengangkatnya dan membawa keluar satu per satu. Dia yang biasa membantu Purwati angkat junjung dan antar barang ke pemesan. Diantarnya pesanan itu dengan sepeda motor.

Bagi Purwati, meskipun kesehariannya berdagang di pasar, namun rasa was-was selalu muncul. Kecelakaan saat berangkat kerja mungkin saja bisa terjadi. Apa lagi saat ini musim hujan, jalanan licin.

Belum lagi banyak lubang di jalan yang sewaktu-waktu bisa membuat motor terjatuh. Tidak hanya dia, namun pemuda yang biasa membantunya juga bisa mengalami kecelakaan. Asal tahu saja, mobilitasnya tinggi karena harus mengantar barang pesanan ke sejumlah pembeli.

Baca Juga: Sambut Libur Nataru, Dioperasikan KA Baturraden Ekspress Relasi Purwokerto-Kroya-Bandung PP

Itulah mengapa, mulai bulan ini, perempuan yang tinggal di RT 2 RW 4 Desa/Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga ini, memutuskan untuk ikut program BPJS Ketenagakerjaan. Bukan hanya untuk dia, namun juga orang-orang yang membantunya di pasar.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petani Milenial Banyumas Genjot Pemasaran Online

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:21 WIB

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X