Dorong UMKM Go Global, BRI dan Kemenkop Tampilkan Produk UMKM Lokal di G20

- Sabtu, 19 November 2022 | 20:53 WIB
BRI dan Kemenkop UKM persembahkan produk UMKM Indonesia di G20 untuk menuju ke kancah internasional.
BRI dan Kemenkop UKM persembahkan produk UMKM Indonesia di G20 untuk menuju ke kancah internasional.

BALI, suaramerdeka-banyumas.com- Presidensi G-20 presidensi G-20 ini menjadi kesempatan emas bagi UMKM untuk menampilkan keunikan serta kualitasnya kepada para pemimpin dunia yang hadir di Bali.

Presidensi G20 Indonesia bukan hanya menjadi momentum yang tepat bagi UMKM tanah air menunjukkan kualitas produknya, tetapi juga menjadi kesempatan yang baik untuk memperluas akses pasar sekaligus masuk ke rantai pasok global,” kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. 

Momentum itu diwujudkan dalam  mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 selama perhelatan G-20 tanggal 15-16 November 2022 di Apurva Kempinski Bali yang merupaka  hasil kolaborasi BRI dengan Kementerian Koperasi dan UKM. 

Baca Juga: Roti Mruyung Membangkitkan Ikon Kota Lama, Mendukung Sektor Pariwisata

Lebih lanjut, Menteri Teten berharap penyelenggaraan mini showcase ini dapat menjadi penghubung antara pelaku UMKM dengan stakeholder berskala global dan meningkatkan investasi pada UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara-negara G20.


Dalam mini showcase tersebut, BRI menampilkan 26 produk creme de la crème yang telah terkurasi dari 502 UMKM peserta. Produk yang ditampilkan tidak hanya memiliki kreativitas dan kualitas tinggi, namun juga berpedoman pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam aspek keunikan proses produksi meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas.


Hal tersebut selaras dengan upaya BRI sebagai First Mover Sustainable Bank di Indonesia untuk mendorong penerapan prinsip ESG kepada UMKM. Di sisi lain, mini showcase ini menjadi ajang untuk memperkenalkan sekilas tentang masa depan produk Indonesia yang tersaji melalui kolaborasi budaya tradisional dengan kontemporer.

Baca Juga: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Lantik Pj Bupati Cilacap

Misi tersebut juga tampak dari tema mini showcase yang mengusung “Brings MSMEs Indonesia to the world”.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petani Milenial Banyumas Genjot Pemasaran Online

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:21 WIB

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X